Evaluasi Perilaku Pemberi Pelayanan di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panembahan Senopati Bantul

Dientyah Nur Anggina

Abstract


RSUD Panembahan Senopati Bantul merupakan rumah sakit tipe B non pendidikan yang mengalami peningkatan jumlah kunjungan instalasi rawat jalan setiap tahunnya. Peningkatan jumlah kunjungan ini diikuti oleh peningkatan keluhan pasien terhadap pelayanan. Hal ini dapat dilihat dari hasil survei kepuasan pasien pada bulan Agustus 2009, misalnya antrian yang panjang ketika berobat di poliklinik, dokter kadang-kadang terlambat saat memeriksa/jaga, perawat yang kurang ramah, pemberian penjelasan kurang lengkap dan berbelit-belit. Perilaku dokter dan perawat yang kurang baik di instalasi rawat jalan dapat mempengaruhi proses pemberian tindakan kepada pasien serta ketidaknyamanan yang dirasakan oleh pasien. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengevaluasi perilaku pemberi pelayanan, khususnya dokter dan perawat di instalasi rawat jalan dan menganalisis faktor dominan yang berpengaruh terhadap perilaku pemberi pelayanan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional dengan rancangan penelitian cross sectional. Responden adalah dokter dan perawat yang masing-masing berjumlah 12 orang dan pasien yang telah memperoleh pelayanan di IRJ sebanyak 96 orang. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner perilaku dan pedoman daftar observasi. Data dianalisis dengan menggunakan uji statistik regresi linier berganda. Sebagian besar dokter telah melakukan aktivitas menyapa pasien sebelum melakukan pemeriksaan (81%) dan memberikan penjelasan mengenai penyebab keluhan dan jenis perawatan (83%) serta 100% perawat telah hadir sesuai dengan jam kerja. Namun, sebagian besar pasien masih merasa bahwa perilaku yang ditunjukkan belum memuaskan. Terdapat hubungan yang bermakna antara faktor predisposisi, pendukung, penghambat dan pendorong dengan perilaku pemberi pelayanan. Faktor yang paling dominan adalah faktor pendorong (nilai ?= 0.416). Perilaku pemberi pelayanan di instalasi rawat jalan dalam kategori cukup baik.

Keywords


Perilaku, Pemberi pelayanan, Instalasi Rawat Jalan, pelayanan rumah sakit Korespondensi= email : lizachairani@ymail.com Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang, Jend.

Full Text:

PDF

References


Azwar, A., 1996, Menuju Pelayanan Kesehatan Yang Lebih Bermutu, Yayasan Penerbit Ikatan Dokter Indonesia.

Arikunto, S., 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (edisi revisi V), Jakarta : PT Rineka Cipta.

Pratiknyo, A.W., 1993, Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kedokteran dan Kesehatan, Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Anwar, C. dan Trisnantoro, L., 2003, Pendapat dan Harapan Stakeholder terhadap Tarif dan Mutu Pelayanan Kamar Utama di RSUD Kota Yogyakarta, Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, Vol. 6, No. 2, PMPK-FK UGM, Yogyakarta

Sugiarto, E., 2002, Psikologi Pelayanan dalam Industri Jasa, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. 6. Lovdal, L. T. and Pearson, R., 1989, Wanted-Doctors Who Care, Journal of Health Care Marketing (JHC) ISSN: 0737-3252, Vol 9, No 1, p: 37-41.

Notoatmodjo, S., 2007, Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Jakarta.: Rineka Cipta.

Robbins, S.P., 1996, Organizational Behaviour, 7th ed., New Jersey Upper Saddle River : Prentice Hall International, Inc.

Bady, A., 2007, Analisis Kinerja Sumber Daya Manusia (perawat) dalam Pengendalian Infeksi Nosokomial di Irna I RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, Tesis, Manajemen Rumah Sakit, UGM, Yogyakarta

Fitri, A., 2007, Perilaku Bidan dalam Praktek Perlindungan Diri dari Penyakit Menular pada Saat Menolong Persalinan di Klinik Bersalin Pontianak, Tesis, Perilaku dan Promosi Kesehatan, UGM, Yogyakarta. 11. AbuAlRub, R.F., 2004, Job Stress, Job Performance and Social among Hospital Nurses, Journal of Nursing Scholarship, Vol 36 (1), p. 73-78.

Wiratno, 2005, Hubungan antara Beban Kerja dan Kinerja Tenaga Instalasi Farmasi RSU Kabupaten Magelang, Tesis, Manajemen Rumah Sakit, UGM, Yogyakarta

Yulhendri, Kristiani, Kuncoro, T., 2001, Cara Supervisi yang Efektif untuk Meningkatkan Kinerja Petugas Puskesmas dalam Pelayanan Imunisasi di Kabupaten Agam Sumatera Barat, Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, Vol. 4, No. 1, p. 33-41




DOI: https://doi.org/10.32502/sm.v6i2.1384

DOI (PDF): https://doi.org/10.32502/sm.v6i2.1384.g1208

Refbacks

  • There are currently no refbacks.