Hubungan Pola Asuh Keluarga gengan Parenting Stress pada Orangtua Anak Tunagrahuta di Yayasan Pembinaan Anak Cacat Palembang

Asmarani Ma'mun, Thia Prameswarie

Abstract


Orangtua yang mempunyai anak dengan kebutuhan khusus, seperti tunagrahita (retardasi mental), tentunya dituntut untuk selalu menyediakan segala fasilitas yang dibutuhkan anak dan tidak sedikit diantara mereka yang menemukan berbagai masalah dalam proses pengasuhan anak. Apabila masalah tersebut tidak dapat diatasi oleh orangtua dengan baik, maka akan muncul stres sebagai reaksi fisik dan psikis terhadap tuntutan tersebut, hal ini disebut dengan parenting stress. Selain itu kondisi psikologis mempengaruhi pola asuh yang diterapkan oleh orangtua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran parenting stress dan pola asuh serta hubungan antara pola asuh dan parenting stress pada orangtua anak tunagrahita di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross-sectional (sekat lintang) meliputi semua orangtua yang memiliki anak tunagrahita di YPAC Palembang. Pengambilan sampel dengan teknik total sampling yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi sehingga didapatkan jumlah sampel sebanyak 44 responden. Penelitian ini menggunakan adaptasi Parenting Stress Scale (PSS) untuk menggambarkan tingkat stres pada orangtua dan kuesioner pola asuh untuk menentukan tipe pola asuh yang diterapkan. Hasil penelitian didapatkan orangtua yang menderita stres sedang sebanyak 33 orang (75%), stres ringan sebanyak 11 orang (25%) dan tidak ada orangtua yang mengalami stres berat. Sebanyak 42 orang (95,5%) menerapkan pola asuh demokratif, 2 orang (4,5%) menerapkan pola asuh permitif dan tidak ditemukan orangtua yang menerapkan pola asuh otoriter. Hasil uji statistik ditemukan tidak ada hubungan antara pola asuh dan parenting stress orangtua (p=1,00). Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa mayoritas orangtua menerapkan pola asuh demokratif dan mengalami stres sedang, namun tidak terdapat hubungan yang bermakna antara pola asuh dan parenting stress orangtua anak tunagrahita di Yayasan Pendidikan Anak Cacat (YPAC) Palembang.

Keywords


Pola asuh, Parenting stress, Tunagrahita

Full Text:

PDF

References


Astriamitha. 2012. Hubungan antara Parenting Stress dan Parenting Self-Efficacy pada Ibu yang Memiliki Anak dengan Tunagrahita Taraf Ringan dan Sedang Usia Kanak-Kanak Madya. Skripsi. Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Soetjiningsih. 2013. Tumbuh Kembang Anak Edisi 2. EGC. Jakarta, Indonesia.

Direktorat Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat. 2010. Pedoman Pelayanan Kesehatan Anak si Sekolah Luar Biasa (SLB) Bagi Petugas Kesehatan. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta. Hal. 4-15.

Yuliani. 2014. Banyak Anak Berkebutuhan Khusus yang Belum Sekolah. Sriwijaya Post (Koran), 19 Maret 2014. Hal IV. 5. Purwandari. 2013. Gambaran Tingkat Stres Orang Tua Dengan Anak Tunagrahita dan Tunadaksa di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Medan Tahun 2013. Skripsi. Medan: Fakultas Kedokteran USU.

Aisyah. 2010. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Tingkat Agresivitas Anak. Jurnal MEDTEK. 2 (1)

Seltzer, M.M., et al. 2009. Psychosocial and Biological Markers of Daily Lives of Midlife Parents of Children with Disabilities. J Health Social Behaviour 50 (1): 1-15,

Ariani, M., Daniel. A. dan Surilena. 2014. Karakteristik Pola Asuh dan Psikopatologi Orang Tua Penyandang Retardasi Mental Ringan di Sekolah Luar Biasa-C (SLBC) Harapan Ibu. Damianus Journal of Medicine. 13 (2): 74-83.

Hung, J., et al. 2010. Mental Health of Parents Having Children with Physical Disabilities. Chang Gung Medical Journal.

Muninggar, K.D. 2008. Hubungan Parenting Stress dengan Persepsi terhadap Pelayanan Family-Centered Care pada Orang Tua anak Tunaganda-Netra. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Baumrind, D. 2005. Patterns of parental Authority and Adolescent autonomy. New Directions for Child & Adolescent Development.

Simarmata, Elza C. 2014. Pola Asuh Keluarga yang Memiliki Anak Tunagrahita di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Medan. Skripsi. Medan: Keperawatan USU.




DOI: https://doi.org/10.32502/sm.v7i1.1395

DOI (PDF): https://doi.org/10.32502/sm.v7i1.1395.g1147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.