Hubungan Tingkat Kecemasan dan Nilai Objective Structure Clinical Examination (OSCE) Blok Mahasiswa Kedokteran

Andra Novitasari, Aisyah Lahdji

Abstract


Keberhasilan mahasiswa dalam proses pembelajaran tampak dari prestasi belajarnya. Prestasi belajar secara tidak langsung dipengaruhi oleh gangguan perasaan seperti kecemasan yang dirasakan oleh individu. Prestasi belajar mencakup tiga aspek kemampuan yaitu kognitif, afektif dan psikomotor. Salah satu bentuk prestasi belajar yang lengkap menilai ketiga aspek tersebut adalah Objective Structural Clinical Examination (OSCE). Pada pendidikan kedokteran, OSCE dapat dilakukan secara rutin sesuai dengan tema proses pembelajaran melalui kegiatan OSCE Blok. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan tingkat kecemasan dalam menghadapi OSCE dengan nilai OSCE Blok mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian analitik assosiatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang tahap sarjana tahun ajaran 2018/2019 yang melaksanakan OSCE Blok. Pengambilan sampel menggunakan metode total sampling. Test Anxiety Questionnaire dari Nist dan Diehl digunakan untuk mengukur tingkat kecemasan dan nilai OSCE sebagai hasil prestasi belajar mahasiswa. Hasil analisis korelasi person diperoleh hasil sign. (2- tailed) 0.645 >0.05, yang berarti tidak terdapat hubungan yang signifikan antara variabel tingkat kecemasan dan nilai OSCE mahasiswa.

Keywords


tingkat kecemasan, osce, mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Carpenito LJ. Anxiety. In: Carpenito LJ, editor. Nursing diagnosisand application to clinical practice. Philadelphia: LippincottWilliams & Wilkins; 2000. p. 121—38.

Mohamadi M, Alishahi Z, Soleimani

N. International Conference on Current Trends in ELT A Study on Test Anxiety and Its Relationship to Test Score and Self-actualization of Academic EFL Students in Iran. Procedia - Soc Behav Sci [Internet]. 2014;98:1156–64. Available from: http://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro. 2014.03.529.

Kahan L M. The Correlation of Test Anxiety and Academic Performance of Community College Students. Capella University. United State. Pro Quest LLC journal. 2008.

Donnelly R. Embedding interaction within a bend of learner centric pedagogy and technology. World Journal on Educational Technology. 2009;1(1):6-9.

Riani Y, Kaunang TMD, Dundu AE (inpress). Gambaran tingkat kecemasan wanita hamil aterm di RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi. 2012 Jan:23-4.

Kaplan HI, Sadock BJ, Greeb JA. Sinopsis psikiatri. Jilid ke-2. Wiguna IM, editor penterjemah. Jakarta: Binarupa Aksara; 2008

Aslamawati Y, Nurlailiwangi E, Maulani F. Hubungan “Self- Regulation” dengan Prestasi Belajar pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UNISBA. Prosiding SNaPP. 2012;3 (1):345-352.

Amir DP, Iryani D, Isrona L. Hubungan Tingkat Kecemasan dalam Menghadapi Objective Structured Clinical Examination (OSCE) dengan Kelulusan OSCE pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Jurnal Kesehatan Andalas. 2016;5(1):139–44.

Nist, P. and Diehl, M. PHCC test

anxiety questionnaire. 1990. Retrieved Aug, 20, 2010 from http:// phcc.edu/ods/questionnaire.html.

Stuart G, Sundden. Principles and Practive of psychiatric. Edisi 5. Jakarta: EGC. 2008.

Lallo DA, Kandou LFJ, Munayang H. Hubungan kecemasan dan hasil UAS-

mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado tahun ajaran 2012 / 2013. Jurnal e-Clinic (eCl). 2013;3 (1):598-605.

Panayiotou G, Karekla M. Author ’ s Accepted Manuscript disparities in anxiety. J Context Behav Sci [Internet]. 2017; Available from: http://dx.doi.org/10.1016/ j.jcbs.2017.04.005




DOI: https://doi.org/10.32502/sm.v9i2.1657

DOI (PDF): https://doi.org/10.32502/sm.v9i2.1657.g1391

Refbacks

  • There are currently no refbacks.