Uji Fisik dan Uji Laboratorium Kandungan Formalin dalam Ikan Asin yang Dijual di Pasar Tradisional Seberang Ulu I Palembang

Annisa Nabilla Adwiria, Yanti Rosita, Ertati Suarni

Abstract


Ikan asin merupakan produk olahan ikan untuk mencegah kebusukan dengan kombinasi penggaraman dan pengeringan, tetapi masih banyak produsen yang menambahkan formalin untuk mengawetkan ikan asin. Menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI No 722/Menkes/Per/IX/88 Formalin tidak boleh ditambahkan ke dalam makanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis kandungan formalin dalam ikan asin yang dijual di pasar tradisonal Seberang Ulu I Palembang. Jenis pemilihan sampel ikan asin yaitu menggunakan jenis Cluster Sampling. 68 sampel ikan asin yang terdiri dari 5 jenis ikan asin didapatkan dari 14 pedagang yang berada di 3 pasar tradisional Seberang Ulu I Palembang. Pengamatan uji fisik ikan asin dilakukan dengan mengamati beberapa parameter yaitu tampak bersih dan cerah, tidak berbau khas ikan asin, tekstur ikan asin keras serta tidak dikerubungi lalat yang dibandingkan dengan ikan asin kontrol negatif formalin. Uji laboratorium dengan menggunakan tes Kit yang menghasilkan warna merah keunguan, tes KMnOyang menghasilkan warna coklat bening dan tes Tollens yang menghasilkan cermin perak. Hasil penelitian secara uji fisik paling banyak sampel ikan asin yang mengandung formalin menunjukkan 2 dari 4 ciri ikan asin yang mengandung formalin. 68 sampel ikan asin yang dianalisis, yang diduga positif mengandung formalin pada uji fisik berjumlah 38 sampel yang dibuktikan dengan 2 uji laboratorium tes Kit dan tes KMnO4, sedangkan tes Tollens hanya 18 sampel dari 38 sampel yang dinyatakan positif mengandung formalin.


Keywords


Formalin, Ikan asin, Uji Fisik, Uji Laboratorium

References


Warsito, H., Rindiani., & Nurdyansyah, F. Ikan dalam Ilmu Bahan Makanan Dasar. Yogyakarta: Nuha Medika. 2015.

Susanto., dkk. Pemanfaatan Bahan Alami untuk Memperpanjang Umur Simpan Ikan Kembung (Rastrelliger Neglecetus). Jurnal Perikanan (J. Fish. Sci.) XIII (2), 60-69. 2011. https://journal.ugm.ac.id/jfs/article/view/3063/2719.

Salosa, Y. 2013. Uji Kadar Formalin, Kadar Garam dan Total Bakteri Ikan Asin Tenggiri Asal Kabupaten Sarmi Provinsi Papua. Jurnal Depik, 2(1), 10-15. 2013. http://jurnal.unsyiah.ac.id/depik/article/view/543/453.

Winarno, F.G. Kimia Pangan dan Gizi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. 2004.

Yuliarti, N. Awas! Bahaya di Balik Lezatnya Makanan Edisi-1. Yogyakarta: Penerbit Andi. 2007.

Badan Pengawas Obat dan Makanan. Informasi Pengamanan Bahan Berbahaya: Formalin (Larutan Formaldehid). Jakarta: Badan Pengawasan Obat dan Makanan. Hal 7-8. 2008. http://www.pom.go.id/files/formalin.pdf.

Syahrial, A. Analisa Kandungan Formalin pada Ikan Asin dengan Metoda Spektrofotometri di Kecamatan Tampan Pakanbaru. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru: Pekanbaru. 2010.

Badan Pengawas Obat dan Makanan. Laporan Tahunan 2011. Jakarta : Badan Pengawasan Obat dan Makanan. 2011. http://journal.uin- alauddin.ac.id/index.php/higiene/article/download/2301/2227+&cd=1&hl=en&ct=clnk&gl=id.

Niswah, Rosa, & Resanti. Uji Kandungan Formalin pada Ikan Asin di Pasar KM 5 Palembang. Jurnal Bioilmi, 2(2). 2016. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/bioilmi/article/download/1136/954/.

Program Percapaian Pembangunan Sanitasi Permukiman (PPSP). Gambaran Umum Kota. Palembang: Buku Putih Sanitasi Kota Palembang. 2010. http://sda.pu.go.id/bbwssumatera8/wp-content/uploads/2017/11/Bab-2-BUKU-PUTIH.pdf.

Yulia, A. Analisis Kandungan Formalin pada Ikan Asin Serta Pengetahuan dan Sikap Pembeli di Pasar Tradisional dan Pasar Modern Kota Medan Tahun 2017. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Sumatera Utara. 2017.

Adawyah, R. Pengolahan dan Pengawetan Ikan Ed. 1 Cetakan 5. Jakarta: Bumi Aksara. 2014.

Badan Pengawas Obat dan Makanan. Pengujian Bahan Berbahaya dan Pangan yang Diduga Mengandung Bahan Berbahaya. Jakarta : Badan Pengawasan Obat dan Makanan. 2013. http://www.kelair.bppt.go.id/sib3pop/Pedoman/PengujianPangan/pengujianpangan.htm.

Asma. Uji Kualitatif Kandungan Formalin pada Ikan Segar yang Dijual di Pasar Tradisional Kota Kendari. Karya Tulis Ilmiah. Tidak Diterbitkan. Jurusan Analis Kesehatan: Kendari. 2018.

Fassenden, R. Organic Chemistry (3rd ed.). California: Wadsworth, Inc. Alih Bahasa: Pudjatmaka, A.H. 1999. Kimia Organik Jilid 1. Jakarta: Erlangga. 1986.

Firdayani, R. Analisis Kualitatif Keberadaan Kandungan Formalin dalam Makanan Mie Basah yang Dijual di Pasar Tradisional Plaju Palembang. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang. 2018.




DOI: https://doi.org/10.32502/sm.v10i1.1767

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ertati Suarni, Annisa Nabilla Adwiria, Yanti Rosita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

   

Statistic counter 

sinta4