PERSEPSI MASYARAKAT DESA RIDING KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR TERHADAP UPAYA PENCEGAHAN KEBAKARAN DI LAHAN GAMBUT

Johan Tampubolon, Cik Aluyah, Erta Heptiana

Abstract


Kebakaran hutan dan lahan gambut di Sumatera Selatan seringkali berasal dari pembakaran lahan pada proses persiapan lahan untuk budidaya padi pada lahan rawa (sonor). Perilaku masyarakat dalam kaitannya dengan pemeliharaan lingkungan berkaitan dengan persepsi mereka terhadap lingkungan alam dalam hal ini hutan dan lahan gambut. Persepsi yang ada pada masyarakat melandasi sikap dan partisipasi masyarakat terhadap upaya pencegahan kebakaran lahan gambut.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap upaya pencegahan kebakaran di lahan gambut di Desa Riding, Kecamatan Pangkalan Lampam, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Provinsi Sumatera Selatan.Pelaksanaan penelitian  pada bulan April 2017. Pemilihan sampel dilakukan secara purposive sebesar 11 % dari 984 KK pendudukatau sebanyak 100 KK (100 orang responden). Parameter yang diamati adalahupaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan gambut serta dampak kabut asap,penggunaan api dalam kegiatan persiapan lahan, dan pola agroforestri pada lahan gambut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 62% masyarakat mempunyai tingkat persepsi sedang dan 38% mempunyai tingkat persepsi tinggi.Secara komulatif mayoritas masyarakat memiliki tingkat persepsi sedang terhadap Upaya Pencegahan Kebakaran di Lahan Gambut, dalam arti masyarakat memiliki kesadaran akan dampak buruk kebakaran hutan dan lahan gambut, serta memiliki pengetahuan yang cukup baik mengenai pola pertanian intensif tanpa bakar, namun dalam penerapannya masyarakat masih menggunakan api dalam kegiatan pembukaan lahan.


Keywords


kebakaran hutan; lahan gambut; desa rinding; kabupaten OKI

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Kab.OKI. 2014. Kecamatan Pangkalan Lampam Dalam Angka. BPS Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Badan Pusat Statistik Kab.OKI. 2015. Kecamatan Pangkalan Lampam Dalam Angka. BPS Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Badan Pusat Statistik Kab.OKI. 2017. Kecamatan Pangkalan Lampam Dalam Angka. Katalog BPS: 1102001.1602. BPS Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Baskoro T. 2008. Persepsi dan Sikap Masyarakat Kota Jakarta Terhadap FungsiHutan di Daerah Hulu sebagai Pencegah Banjir. Skripsi pada JurusanManajemen Hutan, Fakultas Kehutanan IPB. Bogor.

Chokkalingam, Unna ; Suyanto ; Rizki Pandu Permana, Iwan Kurniawan, Josni Mannes, Andy Darmawan, Noviana Khususyiah dan Robiyanto Hendro Susanto. 2007. Pengelolaan Api, Perubahan Sumberdaya Alam dan Pengaruhnya terhadap Kehidupan Masyarakat di Areal Rawa/Gambut – Sumatera Bagian Selatan Prosiding Semiloka CIFOR dan ICRAF, Bogor.

Harihanto. 2001. Persepsi, Sikap, dan Perilaku Masyarakat terhadap Air Sungai.[Disertasi]. Program Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Rachmini, S. 1999. Model Regresi Logistic untuk Respon Kualitatif. Pusat penelitian dan pengembangan LIPI, Bandung

Rahmat, Mamat, Adi Kunarso, Bastoni, Bondan Winarno, Joni Muara dan Johan Tampubolon. 2015. Laporan Hasil Penelitian Pencegahan Kebakaran Hutan Dan Lahan: Perspektif Pemanfaatan Oleh Komunitas Lokal Di Sumatera Selatan Tahun 2015. Balai Penelitian Kehutanan, Palembang.

Santosa PB. 2006. Analisis Statistik dengan Microsoft Excel dan SPSS. Andi,Yogyakarta

Wahyunto, S. Ritung dan H. Subagjo.2005. Sebaran Gambut dan Kandungan Karbon di Sumatera Selatan dan Kalimantan 2004.Wetlands International Indonesia Programme dan Wildlife Habitat Canada. Bogor.




DOI: https://doi.org/10.32502/sylva.v7i2.1540

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

      

  

Contact Person:
Sasua Hustati, M.Si
Jurnal Sylva: Ilmu-ilmu Kehutanan
Forestry Program Study, Faculty of Agriculture, Universitas Muhamamdiyah Palembang
JL. Jend.A.Yani 13 Ulu Palembang, South Sumatra, Indonesia
Tel. (+62)711-511731; Email: jurnalsylvaump@gmail.com; Website: https://jurnal.um-palembang.ac.id/sylva

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License