MEMBACA MASA LALU, MENULIS MASA DEPAN: PENDIDIKAN SEJARAH SEBAGAI AKSI KRITIS

Rahman Abidin, Ema Agustina

Abstract


Pendidikan sejarah tidak semata-mata bertujuan menanamkan hafalan peristiwa masa lalu, tetapi membuka ruang reflektif bagi peserta didik untuk memahami dinamika sosial, politik, dan budaya yang membentuk identitas kolektif. Artikel ini menyoroti urgensi pendekatan pendidikan sejarah sebagai aksi kritis yang mampu membekali siswa dengan kemampuan berpikir historis, kesadaran etis, dan keberanian untuk mempertanyakan narasi dominan. Melalui pembelajaran sejarah yang dialogis dan kontekstual, peserta didik diajak untuk tidak hanya membaca masa lalu sebagai fakta beku, tetapi menulis masa depan dengan sikap kritis, empatik, dan visioner. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan studi pustaka dan analisis kurikulum sebagai metode utama. Hasil analisis menunjukkan bahwa integrasi pedagogi kritis dalam pendidikan sejarah mampu menciptakan ruang belajar yang demokratis dan transformatif. Sejarah diposisikan bukan sebagai instrumen legitimasi kekuasaan, melainkan sebagai medan dialektika dan pembebasan. Oleh karena itu, guru sejarah memegang peran strategis sebagai fasilitator kesadaran, bukan sekadar penyampai materi. Pendidikan sejarah yang demikian akan memungkinkan lahirnya generasi yang tidak hanya tahu tentang masa lalu, tetapi mampu mengartikulasikan masa depan secara lebih adil dan inklusif.


Keywords


pendidikan sejarah, pedagogi kritis, kesadaran historis, transformasi, refleksi

Full Text:

PDF

References


Apple, M. W. (2004). Ideology and Curriculum. Routledge.

Ashby, R., & Lee, P. (2000). "Children’s Concepts of Empathy and Understanding in History." Learning and Teaching History.

Banks, J. A. (2008). Diversity and Citizenship Education: Global Perspectives. Jossey-Bass.

Barton, K. C., & Levstik, L. S. (2004). Teaching History for the Common Good. Lawrence Erlbaum.

Black, P., & Wiliam, D. (1998). "Assessment and Classroom Learning." Assessment in Education: Principles, Policy & Practice, 5(1), 7–74.

Freire, P. (1970). Pedagogy of the Oppressed. Continuum.

Lee, J. K., & Clarke, W. G. (2003). "High School Social Studies Students’ Uses of Online Historical Documents Related to the Cuban Missile Crisis." The Journal of Interactive Online Learning, 1(2).

Lee, P., & Ashby, R. (2000). "Progression in Historical Understanding among Students Ages 7–14." Knowing, Teaching, and Learning History.

Levstik, L. S., & Tyson, C. A. (2008). Handbook of Research in Social Studies Education. Routledge.

Loewen, J. W. (1995). Lies My Teacher Told Me: Everything Your American History Textbook Got Wrong. The New Press.

Marcus, A. S., Metzger, S. A., & Paxton, R. J. (2018). Teaching History with Film: Strategies for Secondary Social Studies. Routledge.

Merriam, S. B., & Tisdell, E. J. (2016). Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation. Jossey-Bass.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.

Rosenzweig, R., & Thelen, D. (1998). The Presence of the Past: Popular Uses of History in American Life. Columbia University Press.

Samuel, R. (1981). People’s History and Socialist Theory. Routledge.

Seixas, P. (2006). Benchmarks of Historical Thinking: A Framework for Assessment in Canada. Centre for the Study of Historical Consciousness.

Seixas, P. (2006). Historical Consciousness: The Progress of Knowledge in a Postmodern Age.

Suryadi, T. (2019). "Kurikulum Sejarah dan Politik Identitas: Studi Kritis Praktik Pengajaran Sejarah di Sekolah Menengah." Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 24(3), 231-245.

Trouillot, M.-R. (1995). Silencing the Past: Power and the Production of History. Beacon Press.

Vansina, J. (1985). Oral Tradition as History. University of Wisconsin Press.

Wineburg, S. (2001). Historical Thinking and Other Unnatural Acts: Charting the Future of Teaching the Past. Temple University Press.

Zanazanian, P., & Moisan, S. (2012). “Historical Consciousness and History Teaching: A Canadian Initiative.” History Education Research Journal, 11(2), 103–114.




DOI: https://doi.org/10.32502/jdh.v5i2.10393

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025

 Indexed by :