UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DALAM PENERAPAN MEDIA TEKNOLOGI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk pendekatan dan penerapan media teknologi pembelajaran dalam peningkatan mutu pendidikan peningkatan di sekolah. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa perubahan dalam segala kehidupan manusia, terutama di bidang pendidikan. Hal ini membuka pandangan yang lebih luas dan memberikan peluang yang lebih besar bagi masyarakat pendidikan untuk memanfaatkan berbagai produk teknologi dalam pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepustakaan (Library Reseach). Penelitian ini ditujukan untuk mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan material yang terdapat di ruangan perpustakaan. Adanya perkembangan teknologi informasi dalam pendidikan mendorong pemerintah untuk lebih meningkatkan profesionalisme guru agar dapat mengajar dengan baik serta memotivasi siswa untuk lebih mengenal teknologi agar dapat meningkatkan hasil belajar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asyhar. 2012. Multimedia Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Asmani, Jamal Ma’mu. 2011. Tips Efektif Menjadi Sekolah Berstandar Nasional dan Internasional. Yogyakarta : Harmoni
Arum, Wahyu Sri. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Jakarta : CV. Multi Karya Mulia
Darmawan, Deni. 2012. Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Fattah,Nanang. 2012. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Kompri. 2014. Manajemen Sekolah Teori dan Praktek. Bandung : Alfabeta
Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Mardalis,2002. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposa. Jakarta: Bumi Aksara
Mukhtar, dkk. 2013. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta : Fifamas
Munir. 2012. Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Padmo, Dewi.2003. Teknologi Pembelajaran : Upaya Peningkatan Kualitas dan Produktivitas Sumber Daya Manusia. Jakarta : Pusat Penerbitas Universitas Terbuka
Sasono, Adi, 1999. Ekonomi Kerakyatan dalam Dinamika Perubahan, Makalah Konferensi Internasional Ekonomi Jaringan, Hotel Sangri-La, Jakarta 5-7 Desember.
Sukardjo, Muhammad. 2013. Landasan Pendidikan Konsep dan Aplikasinya.Jakarta : Rajawali Press
Sadiman, Arief S.dkk. 2012. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya.Jakarta : Rajawali Press
Sudjana, N. Dan Rivai, A. 2013. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru
Sudjana, Nana. 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Undang- Undang dan Jurnal
UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003
UU No. 14 Tahun 2005 Pasal 8 tentang Karakteristik seorang Guru Profesional
Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005, pasal 91 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan
Permendiknas Nomor 63 Tahun 2009 tentang langkah-langkah penjaminan mutu
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
Darmadi, 2012., Kinerja Peningkatan Mutu dan Paradigma di ambil darihttp://hamiddarmadi.blogspot.co.id/2012/09/kinerja-peningkatan-mutu-dan-paradigma.html (di akses 16 Oktober 2025)
Yunita, 2014. Penyebab Rendahnya Mutu Pendidikan di Indonesia diambil dari http://hamiddarmadi.blogspot.co.id/2012/09/kinerja-peningkatan-mutu-dan-paradigma.html (di akses 15 Oktober 20225)
DOI: https://doi.org/10.32502/jdh.v5i2.10560
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025
Indexed by :





