PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING (BBL) PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 PEMULUTAN

Eka Darnila, Heryati Heryati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Perkembangan pendidikan yang sangat pesat dalam era globalisasi pada saat ini,dalam dunia pendidikan membawa kita untuk mempertimbangkan suatu pandangan tentang kemampuan siswa yang dapat ditingkatkan semaksimal mungkin. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah:(1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Brain Based Learning (BBL)pada mata pelajaran IPS sejarah pada materi pengaruh perkembangan pendidikan Islam terhadap munculnya Nasionalisme Indonesia  pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Pemulutan (2) Kendala-kendala apa saja yang dihadapi saat penerapan model pembelajaran BBL. (3) Bagaimana pengaruh model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) pada mata pelajaran IPS sejarah pada materi pengaruh perkembangan pendidikan Islam terhadap munculnya Nasionalisme Indonesia  pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Pemulutan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif Jenis penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data adalah: (1) observasi, (2) Dokumentasi, (3) Wawacara dan (4) Tes. Hasil Penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada tes ke-1 dan pretes, (2) kendala-kendala saat penerapan pembelajaran IPS sejarah dikelas eksperimen yaitu: faktor internal dan eksternal (3) Ada pengaruh yang signifikan Pembelajaran IPS Sejarah melalui model Brain Based Learning berdasarkan hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung = 7,29. Untuk mengetahui signifikannya, maka dari itu perlu dibandingkan dengan ttabel = t(0,95) (52) adalah t yang terdapat pada tabel distribusidengan dk = 52 dengan  taraf kepercayaan 5% (a = 0,05) dengan hasil diperoleh ttabel 0,181. Hal ini berarti t hitung lebih besar dari pada ttabel  (7,29 > 0,181). Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Sehinnga ada pengaruh yang signifikan terhadap penerapan model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) pada mata pelajaran IPS sejarah pada materi pengaruh perkembangan pendidikan Islam

Keywords


Brain Based Learning (BBL), IPS

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. (2012). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Dekdikbud Dan Renika Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi . Jakarta : Bumi Aksara.

Darmadi, Hamid. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Emzir. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Given, B. K. (2007). Brain Based Teaching (Merangsang Kegiatan Belajar-Mengajar Yang Melibatkan Otak Emosional, Sosial, Kognitif, Kinestesis Dan Reflektif. Jakarta : Undiksha.

Hamalik, Oemar. (2009). Pendekatan baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan Cbsa. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Koentjaraningrat. (2009). Pengantar Ilmu Antropologi Edisi Revisi. Jakarta : Rineka Cipta.

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar Mengajar. Jakarta : Pustaka Belajar.

Rohani, Ahmad. (2010). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sukardi. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta : Bumi aksara.

Sugiyono. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung.

Supardi. (2011). Dasar-Dasar Ilmu Sosial. Yogyakarta : Ombak.

Suryabrata, Sumadi. (2011). Metodologi Penelitian. Jakarta : Rajawali Pers.

Suryani, Nunuk Dan Leo Agung. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta : Ombak.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana.




DOI: https://doi.org/10.32502/jdh.v1i2.4308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Danadyaksa Historica

 Indexed by :