Kontribusi Orang Tua Terhadap Minat Belajar Anak Pada Era Pandemi Covid-19 Di Tanjung Batu

Arenda Rosyada, Sani Safitri

Abstract


Penelitian ini dimulai dengan berkurangnya atensi warga dalam mendongkrak atensi belajar anak di masa pandemi yang lagi dihadapinya. Dengan memakai tata cara riset sejarah, wawancara serta observasi. Tujuan penelitian ini merupakan buat mengenali kedudukan atensi orang tua terhadap atensi belajar anak pada masa pandemi, serta bagaimana atensi belajar anak pada masa pandemi. Dari mari, penulis menciptakan kalau kedudukan atensi orang tua terhadap atensi belajar anak terletak pada realitas kalau orang tua memainkan kedudukannya cocok dengan suasana sekitarnya. Sebagian orang tua sudah melaporkan keprihatinan tentang kenaikan atensi kanak- kanak mereka buat belajar di rumah. Dari mari bisa disimpulkan kalau orang tua bisa berfungsi berarti dalam mencermati atensi belajar anaknya, spesialnya dalam berkembang kembang anaknya, spesialnya dalam pembelajaran anaknya, sehingga membuat belajarnya lebih aktif. 


Keywords


peran; minat belajar; covid-19

Full Text:

PDF

References


Astuti, D., Rivaie, W., & Ibrahim, Y. (2013). Analisis Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK MuhammadiyahPontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(6).

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1).

Hero, H., & Sni, M. E. (2018). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Inpres Iligetang. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(2), 129-139.

Miranti, I. (2017). dkk. Peran Serta Orang Tua Dalam Meningkatkanhasil Belajar Bahasa Inggris Siswa. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(2).

Nugraheni, R. K. (2015). Pengaruh peran orangtua motivasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas III SD se-Gugus Sinduharjo Sleman tahun ajaran 2014/2015. Universitas PGRI Yogyakarta.

M. Alisuf Sabri. (1995). Psikologi Pendidikan. Jakarta:Pedoman Ilmu Jaya. Cet II hal.95

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran orang tua dalam menerapkan pembelajaran di rumah saat pandemi Covid 19. Jurnal golden age, 4(01), 152-159.

Pratiwi, N. K. (2017). Pengaruh tingkat pendidikan, perhatian orang tua, dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa indonesia siswa smk kesehatan di kota tangerang. Pujangga: Jurnal Bahasa dan Sastra, 1(2), 31.

Rizqiyatus Shohibah. (2016). Dasar Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Budaya Literasi Pada Anak Usia Sekolah, The 1 st International Confrence on L anguange, Literarure and Teaching, ISSN 2549-507

Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Wulandari, Y. (2017). Upaya Meningkatkan Minat Baca Tulis Al-Qur’an pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Islam Al-Azhar 15 Surabaya. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2).

Al Fuad, Z. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas I SDN 7 Kute Panang. Jurnal Tunas Bangsa, 3(2), 42-54.




DOI: https://doi.org/10.32502/jdh.v2i1.4827

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Danadyaksa Historica

 Indexed by :