Paradigma Pendidikan Sejarah di SMA Dalam Kurikulum 2013

Agus Susilo, Sarkowi Sarkowi, Rifqi Galih Adha Subali

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuai paradigma pendidikan Sejarah di SMA dalam Kurikulum 2013. Masalah Penelitian ini adalah pendidikan sejarah ditingkat SMA dari tahun ke tahun selalu dihiasai dengan berbagai problem yang menjadikannya sebagai permasalahan dalam dunia pendidikan. Pendidikan sejarah yang membahas permasalahan di masa silam, disalah artikan yang hanya membahas masa lalu. Padahal kalau dipelajari lebih mendalam, pendidikan sejarah dapat menjadi ilmu dapat berpengaruh pada jalalnya kehidupan dimasa mendatang. Metode penelitian yaitu landasan dalam melakukan penelitian terkait paradigma pendidikan Sejarah di SMA dalam Kurikulum 2013. Desain penulisan karya ilmiah ini dengan studi penelitian kualitatif berbasis kajian pustaka. Analisis sumber yang didapatkan berasal dari sumber jurnal dan buku referensi yang relevan. Selain itu, penelitian juga berdasarkan pengataman dari berbagai media yang selalu terkait dengan pembelajaran sejarah. Hasil dan pembahasan, yaitu Pendidikan Sejarah di SMA, yaitu pembelajaran sejarah yang diajarkan ditingkat sekolah menengah atas. Pembelajaran sejarah di SMA, pendidikan sejarah berdiri sendiri dengan alokasi jam yang telah ditentukan dalam silabus dan RPP. Dalam jenjang jurusan IPS maupun IPA, pendidikan sejarah selalu dipelajari. Pendidikan sejarah di SMA sangat penting dipelajari sebagai persiapan generasi muda untuk meraih pendidikan yang lebih tinggi. Pendidikan sejarah sendiri mengandung berbagai sifat-sifat kebangsaan seperti cinta tanah air, toleransi, dan bela negara. Paradigma Pendidikan Sejarah di SMA, yaitu dalam kurikulum 2013, posisi mata pelajaran sejarah selalu dikembangkan sesuai dengan kemajuan zaman. Pendidikan sejarah harus selalu mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal dan pendidikan karakter untuk menciptakan generasi muda yang baik. Meskipun demikian, pendidikan sejarah harus dikembangkan sesuai perkembangan zaman. Pendidikan sejarah di era globalisasi harus dikaitkan dengan keberadaan teknologi. Teknologi dalam dikembangkan dalam materi pendidikan sejarah melalui sebuah media pembelajaran.


Keywords


kurikulum 2013; pendidikan sejarah; SMA

Full Text:

PDF

References


Annisa, dkk. (2018). Penerapan Media Audio Visual (Vidio Animasi Kartun) Materi Wudhu pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas I dan II SD IT Al-Mawaddah Warrahmah Kolaka. Jurnal Teknologi Pendidikan Madrasah, 1(2), 96–122.

Hasan, S. H. (2012). Pendidikan Sejarah Untuk Memperkuat Pendidikan Karakter. Paramita, 22(1), 81–95.

Joyoatmojo, Soetarno. (2011). Pembelajaran Efektif pembelajaran yang membelajarkan. Surakarta: UNS Press.

Kurniawan, H. (2013). Penanaman Karakter melalui Pembelajaran Sejarah dengan Paradigma Konstruktivistik dalam Kurikulum 2013. SOCIA Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 35–44.

Mastati, E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 9(2), 246–254.

Pi’i. (2019). Menanamkan Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Sejarah SMA. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 2(2), 109–121.

Pratama, Rinaldo Adi, dkk. (2019). Dinamika Pelajaran Sejarah Indonesia dalam Kurikulum 2013 pada Jenjang SMK/MAK. Jurnal PENDIDIKAN SEJARAH, 8(2), 99–121.

Pratama, S. W. & D. B. (2020). Pembelajaran Sejarah Dalam Mengembangkan Nilai Karakter di SMKN 46 Jakarta. Prosiding Seminar Nasional Penguatan Riset Dan Luarannya Sebagai Budaya Akademik Di Perguruan Tinggi Memasuki Era 5.0, 510–518.

Pujiriyanto. (2012). Teknologi untuk Pengembangan Media dan Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press.

Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.

Sufirmansyah. (2016). Manajemen Pembelajaran Sejarah Peradaban Islam. Jurnal Al-Makrifat, 1(1), 127–140.

Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sulaeman, A. (2015). Pengembangan Kurikulum 2013 Dalam Paradigma Pembelajaran Kontemporer. ISLAMADINA, XIV(1), 71–95.

Sulaiman, S. (2012). Pendekatan Konsep Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Sejarah Lontar, 9(1), 9–21.

Suparjan, E. (2020). Perubahan Kurikulum Pendidikan Sejarah Di SMA (1994-2013). Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 4(3), 568–576.

Suparjo. (2014). DINAMIKA PERUBAHAN PARADIGMA PENDIDIKAN: Studi Tentang Kesiapan Guru Pendidikan Agama Islam di SD/MI di Wilayah Kabupaten Banyumas Dalam Menerapkan Pendekatan Pembelajaran Saintifik dan Penilaian Otentik Kurikulum 2013. JPA, 15(2), 194–210.

Susilo, A., & Sarkowi, S. (2018). Peran Guru Sejarah Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 2(1), 43. https://doi.org/10.17509/historia.v2i1.11206




DOI: https://doi.org/10.32502/jdh.v2i1.4828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Danadyaksa Historica

 Indexed by :