Pengujian Soal Berbasis HOTS pada Pembelajaran Sejarah di Sekolah IT Raudhatul Ulum Sakatiga Indralaya

Fika Mega Elita, M. Bisma Zakawali, Zuliani Putri, Sani Safitri, Ratu Ilma Indra Putri

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk memaparkan mengenai Pengujian Soal Berbasis HOTS pada pembelajaran sejarah sebagai bentuk implementasi pembelajaran inovatif yang dilaksanakan di Sekolah Islam Terpadu Raudhatul Ulum Sakatiga. Jika melihat kurikulum 2013, adanya bentuk penilaian pada hasil capaian belajar siswa tidak hanya pada pengetahuan saja, namun juga pada aspek afektif dan psikomotorik. Hasil penilaian tersebut juga sebagai bentuk laporan dari semua rangkaian belajar siswa dalam jenjang pendidikan sebagai deksripsi kompetensi masing-masing siswa. Adapun metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah metode eksperimen dimana siswa sebagai subjek dan melakukan percobaan soal berbasis HOTS secara langsung. Selain itu juga dengan menggali informasi dari sumber-sumber buku, serta sumber jurnal, artikel maupun sumber internet lainnya yang sesuai dengan ketentuan dalam rangka menperoleh informasi yang sesuai dengan tema yang dibahas. Sejalan dengan pembelajaran inovatif masa kini dimana dalam aspek kognitif atau pengetahuan hal yang diukur adalah berkaitan dengan konsep berpikir kritis dan mampu memecahkan masalah serta mempunyai kemampuan yang kreatif dan inovatif. Pada keterampilan lainnya adalah kemampuan dalam segi afektif dan psikomotorik, siswa melakukan penyesuaian diri dan memiliki bentuk komunikasi yang baik dan keterampilan diri dalam kolaborasi dan mampu membawa diri dalam kerjasama tim dengan baik. 


Keywords


Soal Berbasis HOTS; Pembelajaran Inovatif

Full Text:

PDF PDF

References


Al Fathiyah, S. F. (2019). Analisis Butir Soal Pelajaran Bahasa Arab Di MA Roudlotul Ulum Pagak Malang. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 4(1), 76-100.

Amalia, D., & Hadi, W. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS berdasarkan kemampuan penalaran matematis. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 219-236.

Anderson, & Krathwhol. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching and Assessing. A Revision of Bloom’s Taxonomy of Education Objectives. New York: Longman.

Conference Board of Canada. (2000). Developing your employability skills toolkit for the self-managing learner. Conference Board of Canada, Ottawa, Ontario.

Fanani, M. Z. (2018). Strategi pengembangan soal hots pada kurikulum 2013. Edudeena: Journal of Islamic Religious Education, 2(1).

Gilligan, M.E. (2007). Traditional versus alternative assessments: which type do high school teachers perceive as most effective in the assessment of higherorder thinking skills. A Dissertation. Presented to the Faculty of the Graduate School of Saint Louis University in Partial Fulfillment of the Requirements for the Degree of Doctor of Philosophy.ProQuest LLC.

Hartini, T. I., & Martin, M. (2020). Pengembangan instrumen soal HOTS (High Order Thinking Skill) pada mata kuliah fisika dasar 1. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 8(1), 18-21.

Kemendikbud. (2017). Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Mayangsari, D., Nuriman, N., & Agustiningsih, A. (2014). Penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa IPA kelas VI pada mata pelajaran konduktor dan isolator di SDN Semboro Probolinggo tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan, 1 (1), 27-31.

Muhali, M. (2019). Pembelajaran inovatif abad ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 25-50.

Nugroho, A. M., Wardono, W., Waluyo, S. B., & Cahyono, A. N. (2019, February). Kemampuan Berpikir Kreatif ditinjau dari Adversity Quotient pada Pembelajaran TPACK. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 40-45).

Pramayogi, I., & Hartanto, W. (2019). Inovasi Pembelajaran Sejarah. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kajian Sejarah, 1(2), 17-22.

Saiman, M. (2006). Inovasi metode pembelajaran sejarah, 73–85.

Syahputra, A. T., & Arsyam, M. (2020). Pemberian Skor Dan Sistem Penilaian Dalam Pembelajaran.

Susilo, A., Sarkowi, S., & Subali, R. G. A. (2022). Paradigma Pendidikan Sejarah di SMA Dalam Kurikulum 2013. Danadyaksa Historica, 2(1), 60-67.

Subagia, I. W., & Wiratma, I. G. (2016). Profil penilaian hasil belajar siswa berdasarkan kurikulum 2013. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), 39-55.

Wijayanti, A. (2014). Pengembangan autentic assesment berbasis proyek dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan keterampilan berpikir ilmiah mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2).

Winaryati, E. (2018). Penilaian kompetensi siswa abad 21. In Prosiding Seminar Nasional & Internasional (Vol. 1, No. 1).

Wuryani, W., & Irham, M. (2014). Penilaian dalam Perspektif Kurikulum 2013. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 19(1), 191-199.

Yuniar, M., Rakhmat, C. R., & Saepulrohman, A. (2015). Analisis HOTS (High Order Thinking Skills) pada soal objektif tes dalam mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (Ips) Kelas V SD Negeri 7 Ciamis. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 187-195.




DOI: https://doi.org/10.32502/jdh.v2i2.5672

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Danadyaksa Historica

 Indexed by :