Analisis Sejarah dan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Masyarakat Tepian Mahakam (Samarinda) Dalam Penggunaan kain Tenun Samarinda

Norhidayat Norhidayat

Abstract


Analisis sejarah dan nilai-nilai Kearifan Lokal masyarakat Tepian Mahakam dalam penggunaan Kain Tenun Sarung Samarinda. Program Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis latar belakang masuknya suku Bugis di Samarinda, selain itu penelitian ini akan menjelaskan atau menganalisis nilai-nilai kearifan lokal masyarakat Kota Tepian (Samarinda) yang tergambar pada kain sarung kain sarung Samarinda. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai kearifan lokal masyarakat Kota Tepian (Samarinda) yang tergambar pada kain sarung Samarinda. Penelitian dilakukan di Kota Samarinda. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik yang biasa digunakan dalam metodologi penelitian kualitatif yang terdiri dari (observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan), kritik sumber. Selain itu, pedoman wawancara juga digunakan sebagai instrumen untuk mempermudah pengumpulan data berupa penjelasan terhadap responden yang diwawancarai dan dianggap berkompeten di bidangnya.


Keywords


Kearifan Lokal; Kain Tenun; Samarinda

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Taufik. 2001. Nationalism and History. Bandung: Satya Historika. 1991. History of Indonesian Muslims. Jakarta: Indonesian Ulema Council.

Azra, Azyumardi. 2013. Network of Middle Eastern and Archipelago Scholars of the XVII-XVIII Century. The Root of Islamic Renewal of Indonesia. Jakarta: Kencana Media Group.

Lengkas, Rustam. 2006. Papers in Seminar: The Preliminary Process of Islamization in Papua Land. STAIS Fak-Fak. 7-8 February.

Mustafa. A. & Abdullah Ali. 1999, History of Islamic Education in Indonesia. Bandung: Loyal Library.

Putuhena, M. Saleh.1980. History of Islam in Ternate. Jakarta: Bhatara.

Saleh, Muhammad. 2007. Islamization of the Kingdom of Bima 1621-1682. Thesis. Makassar public university.

Sewang, Ahmad. 2005. Islamization of the Kingdom of Goa XVI Century up to the XVII Century. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Sudirman, Ali. 2014. The Complete History of Indonesia From Classical Era to Most Recent. Jogjakarta: Diva Press.

Thalib, Usman. 2012. History of the entry of Islam in Maluku. Ambon Traditional Historical Preservation Hall: BPSNT. Ambon.

Orphans, Badri. 2011. History of Islamic Civilization Dirasah Islamiyah II. Jakarta: Rajawali




DOI: https://doi.org/10.32502/jdh.v3i1.5967

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Danadyaksa Historica

 Indexed by :