SEJARAH PERTEMPURAN 10 NOVEMBER 1945 DI SURABAYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DALAM UPAYA MENUMBUHKAN KESADARAN SEJARAH PADA SISWA TINGKAT MENENGAH ATAS

Didin Aryanto Aryanto

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui 1) Sejarah Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, 2) Sumbangsih Bung Tomo dalam memimpin serta mempertahankan kemerdekaan, dan 3) Pemanfaatan nilai-nilai dalam sejarah Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai sumber belajar dalam upaya menumbuhkan kesadaran sejarah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif yang meliputi teks deskriptif. Pemilihan metode kualitatif- deskriptif ini bertujuan untuk mendapatkan rangkuman sejarah perang 10 November 1945 di Surabaya sebagai sumber pembelajaran guna memperkuat pengetahuan sejarah dalam bentuk kata, bahasa ilmiah, dan metode ilmiah yang jelas. Hasil dari penelitian ini merupakan pengetahuan tentang sejarah Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang jika ditelisik memiliki kaitan dengan datangnya pasukan Sekutu dan NICA, sumbangsih Sutomo (Bung Tomo) sebagai pelopor dalam mempertahankan kemerdekaan di Surabaya, serta perlu diketahui juga tentang nilai- nilai yang terkandung dalam Pertempuran 10 November di Surabaya, seperti nilai semangat kerja sama dan kebersamaan, nilai keberanian dalam memimpin dan mengambil risiko, nilai nasionalisme yang tinggi terhadap tanah airnya serta nilai kegigihan dan pantang menyerah. Sehingga sejarah Pertempuran 10 November di Surabaya ini dapat digunakan sebagai sumber belajar yang edukatif dan inspiratif bagi siswa SMA dalam upaya penguatan kesadaran sejarah.


Keywords


Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, Peran Bung Tomo, Sumber Belajar, Kesadaran Sejarah

Full Text:

PDF

References


Abdul, M. (2008). Perencanaan pembelajaran mengembangkan standar kompetensi guru. Jakarta: PT. Rosdakarya.

Amerta, K. (2018). Peristiwa-Peristiwa Penting Yang Melatarbelakangi Pertempuran 10 November di Surabaya. November 1945.

Amin, S., & Kurniawan, G. F. (2018). Percikan Api Revolusi di Kampung Tulung Magelang 1945. Journal of Indonesian History, 7(1), 71-81.

Cribb, R. (2001). Military Strategy in the Indonesian Revolution: Nasution’s Concept of ‘Total

People’s War’ in Theory and Practice. War and Society, 19(2), 143– 154.

Dugis, V. M. A. (1999). Defining Nationalism in the Era of Globalization. Masyarakat Kebudayaan Dan Politik, 12(2), 51–57.

Drotner, K., “Boger og bits: learemidler og andethedens dennelse”, dalam Damberg (ed)., Litterate Pa Eventyr, Odense 2006.

Elfindri, H. L., dkk. (2012). Pendidikan Karakter: Karakter, Metode dan Aplikasi untuk Pendidikan dan Profesional. Jakarta: Baduose Media.

Gitiyarko, Vincentius. (2020). Sejarah Hari Pahlawan:Pertempuran Surabaya 10 November 1945. https://kompaspedia.kompas.id/ baca/paparantopik/sejarah-hari- pahlawan-pertempuran- surabaya 10-november-1945.Diakses pada 26 September 2022.

Hariyono. (2017). Sejarah Lokal: Mengenal yang Dekat, Memperluas Wawasan. Jurnal Sejarah dan Budaya, 11 (2), 160-166.

Hutagalung, Batara R. (2001). Mengapa Inggris Mengebom Surabaya. Jakarta: Millenium Publisher.

Innovation, Centre for Educational Research and, Beyond Textbook Digital Learning Resources As Systemic Innovation in the Nordic Countries (OECD: 2009).

Isjoni. (2007). Pembelajaran Sejarah pada Satuan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Iwa Kusumasumantri. (1965). Sedjarah Revolusi Indonesia II. Jakarta.

Kartodirdjo, Sartono. (2016). Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Maeswara, Garda. (2012). Sejarah Revolusi Indonesia 1945-1949 P Perjuangan Diplomasi Untuk Mempertahankan Kemerdekaan.Yogyakarta:Narsi 2010.

Moedjanto, G. (1998). Indonesia Abad ke-20 I“ Dari Kebangkitan Nasional Sampai Lingarjati”. Yogyakarta: Kanisius. Hal 96- 98.

Moehkardi. (2020). Peran Surabaya Dalam Revolusi Nasional 1945.Yogyakarta: Gadjah Mada University Pers.

Nawawi. (1993). Metode Penelitian Bidang Sosial. Gajah Mada University Press.

Narwanti, Sri. (2012). Panduan Menyusun Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Familia.

Parrott, J. G. A. (1975). Who Killed Brigadier Mallaby? Indonesia, 20(20), 87. https://doi.org/10.2307 /3350997

Prabowo, J. (2019). Pokok-Pokok Pemikiran Tentang Perang Semesta (ketiga). Pusat Pengkajian dan Strategi Nasional.

Riza, C. (2006). Radio Pemberontakan dan Perannya dalam Revolusi Kemerdekaan di Surabaya 1945-1947 (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Saryono, (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Alfabeta.

Silas, J., Hastijanti, R., Demettwati, M., Handinoto, Basundoro, P., & Sumarno. (2018). Pasak Sejarah Indonesia Kekinian Surabaya 10 November 1945 (A. Sugiharti & M. Fiker (Eds.); Petama). Humas Surabaya.

Setiadijaya, B. (1992). 10 November 1945: gelora kepahlawanan Indonesia. Yayasan 10 November 1945.

Taufik Abdullah, 1996. “Di Sekitar Pengajaran Sejarah yang Reflektif dan Inspiratif”. Dalam Jurnal Sejarah Pemikiran, Rekonstruksi, Persepsi 6 oleh Masyarakat Sejarawan Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Taufik Abdullah. (2001). Nasionalisme & Sejarah. Bandung: Satya Historika.

Theorina, V. (2007a). Pertempuran 10 November 1945 Di Surabaya (Issue November 1945, pp. 1–130). Repository.usd.ac.id.

Theorina, V. (2007b). Pertempuran 10 November 1945 Di Surabaya (Issue November 1945) (Universitas Sanata Dharma). Repository.usd.ac.id.

Tippe, S. (2016). Strategi Pertahanan Semesta: Memahami. Journal UIR, 1(Nov),1-12. https://doi.org/10.25299/

Waid, Abdul. 2019. Bung Tomo: Hidup dan Mati Pengobar Semangat Tempur 10 November. Yogyakarta : Laksana.

Welianto,Ari. (2020). Mendaratnya Pasukan AFNEI Inggris di Surabaya.https://www.kompas.com/skola/read/2020/06/29/190000869/me ndaratnya-pasukan-afnei- inggris-disurabaya?page=all. Diakses pada 26 September 2022.

YULISTA, F.(2017). Perebutan Senjata Jepang Di Surabaya Tahun 1945. Avatara, 5(3).




DOI: https://doi.org/10.32502/jdh.v3i1.6329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Danadyaksa Historica

 Indexed by :