PENERAPAN TEKNOLOGI DAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS VIRTUAL REALITY DALAM PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL SISWA
Abstract
Artikel ini membahas penerapan teknologi dan media pembelajaran sejarah berbasis Virtual Reality (VR) dalam meningkatkan pemahaman konseptual siswa. VR memungkinkan siswa untuk merasakan pengalaman langsung dari peristiwa sejarah, menciptakan lingkungan belajar yang imersif dan interaktif. Dengan menggunakan VR, siswa tidak hanya melihat gambar atau mendengarkan penjelasan, tetapi juga dapat "mengunjungi" tempat-tempat bersejarah dan mengalami konteks sosial serta budaya pada masa itu. Hal ini membantu siswa untuk memahami peristiwa sejarah dengan lebih mendalam dan mengembangkan empati terhadap tokoh-tokoh serta masyarakat yang terlibat.Studi kasus menunjukkan bahwa penerapan VR dalam kelas sejarah telah meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa. Pengalaman belajar yang menarik ini mendorong siswa untuk aktif berpartisipasi dan menjelajahi materi pelajaran dengan lebih antusias. Selain itu, artikel ini juga membahas prospek masa depan VR dalam pendidikan, termasuk pengembangan konten yang lebih beragam dan kolaborasi internasional antar-sekolah.Dengan demikian, penerapan teknologi VR dalam pembelajaran sejarah menawarkan solusi inovatif untuk mengatasi tantangan dalam metode pengajaran tradisional. Teknologi ini tidak hanya membuat pembelajaran sejarah lebih menarik tetapi juga lebih relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa, menjadikan mereka lebih siap untuk menghadapi tantangan global di masa depan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Reynaldy Lukman Hakim. "Penggunaan Virtual Realty (VR) dalam PembelajaranSejarah." Kumparan, September 2023.
Padlefi, Muhamad Riza, et al. "Perancangan Virtual Reality dalam Pengenalan Sejarah Perang 5 Hari 5 Malam." ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia 9.01 (2023): 117-129.
Wulandari, Tiara Dwi, Arif Widiyatmoko, and Stephani Diah Pamelasari. "Keefektifan pembelajaran ipa berbantuan virtual reality untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa SMP di abad 21: Review artikel." Proceeding Seminar Nasional IPA. 2022.
Susilo, Agus. (2019). Strategi Pembelajaran Kreatif & Inovatif di Perguruan Tinggi. Nusa Litera Inspirasi.
Susilo, A., & Sarkowi, S. (2018). Peran Guru Sejarah Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 2(1), 43. https://doi.org/10.17509/historia.v2i1.11206
Arsadhana, I. Wayan Arya Sila, Ni Kadek Regina Sintya Dewi, and Ni Komang Jiwa Kirana Putri. "Aplikasi pembelajaran berbasis virtual reality sebagai inovasi pendidikan berkelanjutan di era society 5.0." Prosiding Pekan Ilmiah Pelajar (PILAR) 2 (2022): 736-740.
Noviantari, P. S., and I. G. P. Sudiarta. "Tinjauan Sistematis Virtual Reality Untuk Pendidikan. " JurnalPendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia 11.2 (2022): 61-68.
Andyani, Paluvi, et al. "Penggunaan virtual reality sebagai sarana edukasi dalam mengenal kabah bagi siswa kelas 1 SD." Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyara
Fardani, Afri Tri. "Penggunaan Teknologi virtual reality untuk sekolah menengah pertama pada tahun 2010-2020." E-Tech 8.1 (2020): 391851.
Utari, S. D., Agustin, M. L., Dzikri, A. M., & Ayundasari, L. (2021). Perancangan aplikasi virtual reality cagar budaya untuk pembelajaran sejarah lokal. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 4(2), 103-114.
Yulianti, T., & Mulyono, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Reality untuk Pembelajaran Sejarah di Sekolah Menengah. Jurnal Teknologi Pendidikan, 15(3), 123-137
Serafino Renard Siahaya. (2024). Tinjauan Literatur: Penerapan Virtual Reality sebagai Media Pembelajaran Interaktif . Buletin Ilmiah Ilmu Komputer Dan Multimedia (BIIKMA) , 2 (2), 313–319
Anderson, J., Smith, R., & Taylor, K. (2020). Meningkatkan Pemahaman Sejarah melalui Realitas Virtual: Sebuah Studi pada Siswa Sekolah Menengah.
DOI: https://doi.org/10.32502/jdh.v4i2.8987
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024
Indexed by :