PERAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH DALAM MENINGKATKAN KETERLIBATAN SISWA

Agustiawan gus Setiawan

Abstract


Abstrak

Pendidikan di Indonesia menghadapi tantangan untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif, terutama dalam mata pelajaran Studi Kebudayaan Islam (SKI). Artikel ini membahas inovasi pembelajaran menggunakan media berbasis Prezi di SMA Yadika Lubuklinggau. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang pelaksanaan inovasi tersebut. Melalui wawancara dengan guru, kepala sekolah, dan siswa, hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan Prezi dalam pembelajaran SKI berhasil meningkatkan minat siswa. Langkah-langkah pelaksanaan melibatkan identifikasi kebutuhan dan tujuan pembelajaran, perencanaan presentasi Prezi, dan pengenalan media Prezi kepada siswa. Guru dan kepala sekolah memberikan dukungan penuh terhadap inovasi ini, meskipun terdapat kendala teknis seperti keterbatasan perangkat dan konektivitas internet. Namun, penggunaan Prezi memungkinkan partisipasi siswa yang aktif, meningkatkan fokus, dan pemahaman mereka terhadap materi SKI. Hasil observasi menunjukkan bahwa Prezi menciptakan pembelajaran yang menarik, dinamis, dan interaktif. Siswa merasa lebih tertarik dan antusias dalam pembelajaran SKI, terutama dengan penggunaan elemen multimedia seperti gambar, video, dan audio. Dukungan penuh dari kepala sekolah menjadi kunci keberhasilan inovasi ini. Meskipun terdapat kendala teknis, implementasi yang berkelanjutan dan pelatihan terus-menerus bagi guru diperlukan untuk memaksimalkan potensi Prezi dalam pembelajaran SKI. Kesimpulannya, penggunaan Prezi dalam pembelajaran SKI efektif meningkatkan minat siswa, memperkuat partisipasi, dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif.

Kata Kunci: Studi Kebudayaan Islam, minat siswa, pembelajaran berbasis media


Full Text:

PDF

References


Agus, S., Wiji, R., & Azhra, Q. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Prezi Terhadap Minat Belajar

Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XII IPS SMA Yadika Lubuklinggau.

Wiji, R. (2024). Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Prezi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ips Di Sma Yadika Lubuklinggau. Universitas PGRI Silampari.

Agus, S. (2024). Prezi Solusi Presentasi Masa Kini. Sejarah Lubuklinggau.

Wulandari, R. M., Widyaningrum, L., & Arini, L. D. D. (2021). Pengaruh Inovasi Cerdas Pada Sistem Muskuloskeletal Melalui Media Pembelajaran Interaktif Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5).

Yuliansah, Y. (2018). Efektivitas Media Pembelajaran Powerpoint Berbasis Animasi Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar. Efisiensi: Kajian Ilmu Administrasi, 15(2), 24–32.

Kustandi, C. dan B. Sutjipto. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Ghalia Indonesia




DOI: https://doi.org/10.32502/jdh.v5i1.8989

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025

 Indexed by :