IMPLEMENTASI ICE BREAKING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1PALEMBANG TAHUN AJARAN 2023/2024

Trie hardalema, Fatmah Fatmah, Yuliarni Yuliarni

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi keingintahuan peneliti terhadap Implementasi Ice Breaking pada Mata Pelajaran Sejarah dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Palembang Tahun Ajaran 2023/2024. Beberapa tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui:  (1) Bagaimana motivasi dan persepsi peserta didik terhadap Ice breaking pada pembelajaran sejarah kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Palembang tahun 2023/2024; (2) Bagaimana penerapan Ice breaking pada pembelajaran sejarah dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Palembang 2023/2024; (3) Bagaimana hasil dari Ice breaking pada pembelajaran sejarah dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Palembang 2023/2024. Metode Penelitian: Eksperimen Semu dan jenis penelitian kuantitatif. Kesimpulan (1) Motivasi dan persepsi peserta didik terhadap Ice breaking pada pembelajaran sejarah kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Palembang tahun 2023/2024 memiliki motivasi yang sangat baik, karena peserta didik secara antusias mengikuti proses kegiatan pembelajaran sejarah di kelas. (2) Penerapan Ice breaking pada pembelajaran sejarah dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Palembang 2023/2024 dengan cara menggunakan tiga macam strategi penerapan Ice breaking dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik yaitu, pertama menggunakan Ice breaking senam atau peregangan untuk memulai pembelajaran sejarah atau pada saat pembukaan pembelajaran sejarah. Kedua menerapkan Ice breaking game atau permainan dilakukan pada saat inti pembelajaran sejarah dan strategi ketiga yaitu dengan tepuk tangan, bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik, memberikan apresiasi atas antusias serta semangat dalam proses pembelajaran sejarah. (3) Hasil dari Ice breaking pada pembelajaran sejarah dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Palembang 2023/2024 mendapatkan hasil 0,000 dengan dasar pengambilan keputusan yaitu jika nilai signifikasinya (2-tailed) < dari 0.05 atau lebih kecil dari 5% maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya hasil dari penerapan Ice breaking saat proses pembelajaran sejarah berlangsung dapat membawa perubahan terhadap motivasi belajar peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 1 Palembang.


Keywords


Implementasi, Ice breaking, Motivasi Belajar, SMA Muhammadiyah 1 Palembang.

Full Text:

PDF

References


Ahyani, Nur. (2015). Analisis Kebutuhan Model Pembelajaran Sejarah SMA di Kota Palembang. Jurnal upgris, 849-804.

Ambini, R. (2016). Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Melalui Pemberian Ica breaking Pada Peserta didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri. Monggang. Basic Education, Vol. 5, No. 29.

Asmara, Yeni. (2019). pembelajaran sejarah menjadi bermakna dengan pendekatan kontektual. Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora 2 (2): 105-120.

Astuti, Febbi., Muhammad Idris., Kabib Sholeh. (2021). Kalpataru. Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah, 7(1), 6311.

Brehm, S.S., & Kassin, S. M. (1996). Social Psychology. New Jersey : Mifflin.

Djamarah, S.B dan Zain, A. (2006). Staregi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Haifaturahman. (2020). Pelatian Ice breaking Bagi Pendidik SD sebagai Upaya Optimalisasi Kegiatan Awal Pembelajran Di Kelas. Journal of Character Education Society. Vol.3, No.1,(2020), 70-77.

Hamalik, O. (2006). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Hamzah, B. Uno. (2007). Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Gaung Persada Press.

Ihsan, faud. (2011). Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Khuluqo, Ihsana El. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pusat Pelajar.

Mardiani, Nofiyah., Umasih., & Murni Winarsih. (2019). Materi sejarah masa hindu-buddha dan penggunaan sumber belajar sejarah dalam pembelajarannya di SMK .Tamaddun Vol. 7, No. 02, 328-347.

Sadirman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rajagrafiindo.

Sanjaya, Wina. (2007). Kurikulum dan Pembelajaran, Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Kencana.

Schaufeli, W.B. & Enzmann, D. (1998). Schaufeli, W.B. & Enzmann, D. (1998).The Burnout Companion to Study and Practice : A Critical Analysis. United Kingdom : CRC Press.

Septiyaningsih,Imada Cahya. (2016). Pengaruh pemanfaatan penugasan berbasis proyek tentang sejarah kota lama terhadap motivasi belajar sejarah kelas XI SMA Negeri 3 Semarang. Indonesian Journal of History Education, 4 (1), 17-24.

Sumanto. (1995). Sumanto, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Aplikasi Metode Kuantitatif dan Statistika dalam Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Sunarto. (2012). Ice breaking Dalam Pembelajaran Aktif. Surakarta : Cakrawala Media.

Uno. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.32502/jdh.v4i2.9022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024

 Indexed by :