NILAI MULTIKULTURALISME DALAM BUKU TEKS PELAJARAN SEJARAH INDONESIA (Analisis Terhadap Buku Teks Sejarah Indonesia SMA Kelas XI)
Abstract
ABSTRAK
Indonesia adalah negara yang memiliki keberagaman suku, agama, ras, bahasa dan budaya yang dikenal dengan multikultural. Upaya yang dapat dilakukan agar keberagaman ini tidak berpotensi konflik adalah pendidikan multikultural di sekolah melalui pelajaran sejarah yang bersumber pada buku teks Sejarah Indonesia. Buku teks Sejarah memiliki peran strategis dalam menyampaikan pesan dan nilai ideologis bangsa yaitu pancasila seperti nilai multikulturalisme. Melalui penelitian ini penulis akan menganalisis Buku Teks Sejarah Indonesia kelas XI semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 yang terdiri dari tujuh Bab. Penelitian ini menggunakan metode analisis wacana. Dari hasil analisis menunjukkan di setiap bab dalam buku ini terdapat paragraf yang bermuatan nilai multikulturalisme yang disampaikan secara implisit maupun eksplisit.
Kata Kunci: Nilai Multikulturalisme, Buku Teks, Sejarah Indonesia
ABSTRACK
Indonesia is renowned for its rich diversity encompassing ethnicities, religions, races, languages, and cultures, establishing it as a quintessentially multicultural nation. To ensure that this diversity does not become a source of conflict, it is imperative to implement multicultural education within schools, particularly through history lessons derived from the Sejarah Indonesia (Indonesian History) textbooks. These textbooks play a strategic role in conveying the ideological values of the nation, such as Pancasila, including the values of multiculturalism. This study aims to analyze the Sejarah Indonesia textbook for Grade XI, semesters 1 and 2, under the 2013 Curriculum, Revised Edition 2017, which comprises seven chapters. The research employs discourse analysis methods. The findings reveal that each chapter in the textbook contains paragraphs that embody multicultural values, presented both implicitly and explicitly.
Keywords: Multicultural Values, Textbook, Indonesian History
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.32502/jdh.v5i1.9907
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025
Indexed by :