Memupuk Motivasi Kewirausahaan bagi Santri di Pondok Pesantren At-Tawasul Desa Mulyasari Cianjur Jawa Barat

Muhammad Sayyid Rifai, Milah Karmilah

Abstract


Untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia, pembangunan sumber daya manusia harus dilakukan. Baik pendidikan formal maupun pendidikan informal digunakan untuk membangun sumber daya manusia. Pendidikan yang diberikan di Pondok Pesantren memiliki ciri khas khusus yang memungkinkan tim Pengabdian untuk melakukan kegiatan pelayanan dengan mendorong jiwa kewirausahaan para santri. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan menggunakan metodologi pelatihan kewirausahaan. Pelatihan yang diberikan oleh tim layanan meliputi instruksi dalam mengenakan jilbab dan membuat masker organik. Pondok Pesantren At-Tawassul Cianjur Jawa Barat dipilih sebagai lokasi kegiatan pengabdian tersebut, dan dilakukan secara bertahap selama beberapa hari. Hasil dari kegiatan tersebut adalah motivator bagi siswa untuk memahami berbagai kegiatan kewirausahaan yang dapat mereka lakukan di luar pendidikan formal mereka. Untuk memaksimalkan hasil atau tujuan yang dicapai, tindakan ini harus dilanjutkan terus menerus.


Full Text:

PDF

References


Buku

Ahmad, Ausaf. 1992. Lecture of Islamic Economics Jeddah; Islamic Development Bank.

Dirjen PDM. 2019. Pedoman Program Kewirausahaan SMA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Djamarah, Syaiful Bahri. 1994. Hasil Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta

Madjid, Nurcholis. 1997. Bilik-Bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Paramadina.

Madjid, Nurcholish. 1997. Bilik-bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Paramadina.

Suarda, Andi. 2014. Kewirausahaan dalam Islam. Makasar: Aladin University Press.

Wianardi. 2004. Entrepreneur dan entrepreneurship. Jakarta:Pranata Media

Zaini, Ahmad. 2012. Pengembangan Pondok Pesantren berbasis Usaha Kecil dan Menengah. Surabaya: Idea Press.

Jurnal

Danial, K. D. et al. 2019. Penguatan Ekonomi Desa Parung Ponteng Melalui Aktivitas Bisnis Yang Memanfaatkan Digitalisasi, pp. 50–58.

Esmi, K., Marzoughi, R. and Torkzadeh, J. 2015. Teaching learning methods of an entrepreneurship curriculum. Journal of advances in medical education & professionalism Volume 3 Nomor 4 tahun 2015 hal. 153–200. Available at: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4596383/.

Falah, Riza Zahriyal. Membangun Karakter Kemandirian Wirausaha Santri Melalui Sistem Pendidikan Pondok Pesantren. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam Vol. 15 No. 2 tahun 2018. https://doi.org/10.34001/tarbawi.v15i2.853

Megawati, E. 2018. Peran Corporate Social Responsibility (Csr) Dalam Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Bisnis, Pasar Modal dan UMKM Vol. 1 No. 2, hal. 79–84.

Rustam dan Ahmad Shofiyuddin Ichsan. Pendidikan Islam Berbasis Kearifan Lokal. IQRO: Journal of Islamic Education Volume 3 Nomor 1 tahun 2020.

Sudarsih, Endah. Mengembangkan Wirausaha Di Pondok Pesantren. Jurnal Sosial Humaniora Volume 3, nomor 1 June 2, 2010. https://doi.org/10.12962/j24433527.v3i1.655.

Sulaiman, A. I., Masrukin, M., Chusmeru, C., & Pangestuti, S. 2016. Pemberdayaan Koperasi Pondok Pesantren sebagai Pendidikan Sosial dan Ekonomi Santri. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(2), 109-121.




DOI: https://doi.org/10.32502/jph.v1i1.6078

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Palembang

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia