ANALISIS KINERJA LALU LINTAS PEMBANGUNAN HOTEL SANTIKA PRIMERE

Noto Royan

Abstract


Karakteristik lalu lintas yang digunakan sebagai tolak ukur mengenai kondisi eksisting pelayanan dan sistem transportasi di kawasan studi diantaranya adalah besarnya bangkitan dan tarikan perjalanan objek studi, volume lalu lintas pada ruas jalan maupun simpangan disekitarnya.
Penelitian dibatasi pada simulasi kinerja lalu lintas dengan memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi kapasitas ruas jalan dan simpang. Dan ruang lingkup pemodelan meliputi ruas Jalan Sutan Mahmud Badarudin. Sedangkan persimpangan yang dikaji adalah Simpang Bandara. Kinerja ruas jalan dan simpangan dianalisis dengan menggunakan metode MKJI.
Berdasarkan hasil analisa bahwa karakteristik lalu lintas di sekitar Pembangunan Hotel Santika Primere masih mampu menampung lalu lintas yang ada, hal ini ditandai ruas jalan Jalan Sutan Mahmud Badarudin atau Jalan Gubernur Asnawi Mangku Alam, Jalan Gubernur Sainan Sagiman dan Jalan Letjen Harun Sohar mempunyai V/C ratio dibawah 0,8 dan kinerja jaringan relatif masih baik dimana kecepatan jaringan sebesar 46,06 km/jam. Kecuali pada ruas Jalan Noerdin Panji atau Jalan Kebun Sayur mempunyai V/C ratio dibawah 0,8 dan kinerja jaringan relatif masih baik dimana kecepatan jaringan sebesar 49,82 km/jam. Hal ini dikarenakan Jalan Noerdi Panji atau Jalan Kebun Sayur tidak dilalui jalur pembangunan LRT. Tarikan bangkitan pada tahap pembangunan memiliki tingkat nilai bangkitan perjalanan sebesar 903.6 smp/jam pada siang/ sore hari dan tarikan perjalan sebesar 927.5 smp/jam pada pagi hari. Jumlah bangkitan Hotel Santika Primere pada tahap Pembangunan sebesar 766,9 smp/jam, sedangkan tarikan sebesar 927,5 smp/jam.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbearing.1751201752

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published by :

Program Studi Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Palembang

P-ISSN : 2085-6261

E-ISSN : 2623-1409

Email : bearing@um-palembang.ac.id 

 Creative Commons Licence

Bearing : Jurnal Penelitian dan Kajian Teknik Sipil is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.