ANALISA PENGGERUSAN TEBING ATAU LERENG SUNGAI PADA SUNGAI MUSI SEKAYU KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Erny Agusri, Nurnilam Oemiati

Abstract


Kabupaten Musi Banyuasin merupakan salah satu Kabupaten di Sumatera Selatan yang di lintasi oleh sungai musi, berdasarkan hasil pengamatan di lapangan banyak terjadi penggerusan pada lereng sungai dikarenakan banyak terdapat tikungan pada aliran sungai ini. Selain itu pada sungai terjadi sedimentasi atau pengendapan pada lokasi tersebut akibat adanya gangguan aliran yang berupa bertambahnya kecepatan aliran serta besarnya kekuatan aliran diakibatkan oleh tegangan tarik atau gaya seret aliran dan perubahan turbulensi aliran di sekitar sungai.
Untuk hasil pengukuran yang dilakukan dengan menggunakan steoroform sebanyak 20 kali percobaan dengan jarak 20 meter setiap percobaan, maka kecepatan rata-rata aliran sungai di lokasi penelitian didapatkan hasil 0,931 meter/detik. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan rumus terhadap penampang melintang per-STA didapatkan nilai kecepatan tertinggi pada STA 0,00. Hasil perhitungan stabilitas lereng dengan menggunakan metode Fellnius (1927) adalah lereng tidak aman dengan nilai faktor keamanan SF adalah 1,22.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbearing.1764201853

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published by :

Program Studi Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Palembang

P-ISSN : 2085-6261

E-ISSN : 2623-1409

Email : bearing@um-palembang.ac.id 

 Creative Commons Licence

Bearing : Jurnal Penelitian dan Kajian Teknik Sipil is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.