MODEL PINTU AIR OTOMATIS COUNTER WEIGHT DI AREAL PERSAWAHAN PASANG SURUT UNTUK MENGATASI TANAMAN PADI TENGGELAM PADA SAAT AIR PASANG

Zainul Bahri, Noto Royan

Abstract


Pasang surut air laut terhadap sungai Musi mempengaruhi tinggi muka air terutama di areal persawahan pasang surut desa Merah Mata, Kelurahan Mariana Kecamatan Banyu Asin I, Provinsi Sumatera Selatan. Ketika air pasang naik melebihi elevasi ± 1,25 meter diukur dari titik ± 0,00 yang berada di pinggir sungai, tanaman padi akan tenggelam dan mengakibatkan padi rusak atau mati dan bibit tanaman padi hanyut dibawa arus sungai Musi. Hal ini mengakibatkan para petani kesulitan untuk meningkatkan hasil produksi tanaman padi, sehingga diperlukan teknologi alternatif seperti pembuatan pintu air otomatis counter weight dan stoplog. Peranan pintu air adalah untuk menahan masuknya air pasang dan mengalirkannya ketika surut (time of drainage). Unjuk kerja dari pintu air otomatis tersebut dapat dijelaskan dengan membuat model berupa prototipe (model fisik) dengan suatu perbandingan ukuran atau skala tertentu melalui uji di laboratorium dengan menggunakan perhitungan secara analitis. Hasil uji laboratorium dan perhitungan analitis menunjukkan bahwa tinggi bukaan pintu air pada saat pasang dan surut dapat ditentukan berdasarkan sudut kemiringan awal dan berat pintu terhadap engsel serta berat bandul (counter weight), sehingga tinggi bukaan pintu yang diinginkan agar tanaman tidak tenggelam, yaitu 1,25 m dapat dilakukan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32502/jbearing.2198201961

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published by :

Program Studi Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Palembang

P-ISSN : 2085-6261

E-ISSN : 2623-1409

Email : bearing@um-palembang.ac.id 

 Creative Commons Licence

Bearing : Jurnal Penelitian dan Kajian Teknik Sipil is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.