ANALISA PRODUKTIVITAS ALAT GALI MUAT DAN ALAT ANGKUT PADA PENGUPASAN LAPISAN TANAH PENUTUP (OVERBURDEN)

Nurnilam Oemiati, Revisdah Revisdah, Rahmawati Rahmawati

Abstract


Salah satu kegiatan pertambangan batubara adalah pengupasan lapisan tanah penutup (overburden) yang diawali dengan penggalian dan pengangkutan menuju area penimbunan (disposal). Lapisan tanah penutup dipindahkan dari lokasi penggaliam (front) menuju disposal memerlukan alat mekanis berupa alat muat Excavator dan alat angkut Heavy Duty. PT. Satria Bahana Sarana memiliki target produksi yang diberikan kepada subkontraktor, sehingga perlu dilakukan analisa produktivitas alat muat dan alat angkut pada pengupasan lapisan tanah penutup lokasi PIT I utara Banko Barat.
Persentase ketercapaian target produktivitas berdasarkan rencana pengupasan lapisan tanah penutup (Overburden) sebesar 600 Bcm / Jam. Sedangkan berdasarkan hasil perhitungan kombinasi kerja alat muat dan alat angkut didapat, pada alat muat Excavator sebesar 90% (540,205 Bcm / Jam) sedangkan alat angkut HD sebesar 48,95% (293,727 Bcm / Jam) dari target Hasil produksi berdasarkan perhitungan kurang dari target produksi yang direncanakan. Penyebab tidak tercapainya target produksi adalah mekanisme penyiapan lokasi, pengaruh penyiapan lokasi dan pengaruh keserasian jumlah alat.
Dari hasil pengamatan di lapangan dan hasil perhitungan faktor keserasian antara excavator dan heavy duty didapat bahwa hasil MF sebesar 0,642 < 1, artinya alat muat excavator bekerja kurang dari 100% sedangkan alat angkut heavy duty bekerja 100%, sehingga terdapat waktu tunggu bagi alat muat. Dengan demikian jika dilakukan optimasi terhadap kerja efektif alat tersebut, evaluasi jam kerja dan penambahan jumlah excavator dan heavy duty dapat meningkatkan hasil produksi sehingga target dapat terpenuhi.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32502/jbearing.2842202063

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published by :

Program Studi Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Palembang

P-ISSN : 2085-6261

E-ISSN : 2623-1409

Email : bearing@um-palembang.ac.id 

 Creative Commons Licence

Bearing : Jurnal Penelitian dan Kajian Teknik Sipil is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.