ANALISIS KEBUTUHAN TRANSPORTASI DENGAN TDM

Efrilia Rahmadona

Abstract


Kawasan jalan Kapten A.Rivai merupakan salah satu kawasan perkantoran yang menjadi salah satu pusat bangkitan perjalanan di kota Palembang, sehingga pada kawasan tersebut sering terjadi kepadatan lalu lintas pada jam-jam tertentu yaitu pagi hari saat menuju kantor dan sore hari saat jam pulang kerja karena dominasi penggunaan kendaraan pribadi. Sebagai alternatif untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dapat menerapkan salah satu konsep Manajemen Kebutuhan Transportasi dengan mengembangkan angkutan bus karyawan, strategi ini akan dapat mengurangi jumlah kendaraan pribadi yang bergerak dengan cara meningkatkan okupansi kendaraan, sehingga dari penelitian ini diharapkan dapat menghemat ruang jalan. Metode yang digunakan  dalam  penelitian  ini adalah  dengan  melakukan survei lapangan, dengan cara penyebaran  kuisioner  kepada responden  serta wawancara langsung  kepada  pihak-pihak  yang  terkait.  Analisis  yang  dilakukan  meliputi analisis karakteristik karyawan, potensi penumpang dan jumlah kebutuhan bus karyawan, analisis  perencanaan operasional angkutan serta analisis biaya operasional kendaraan. Berdasarkan dari hasil analisis, diperoleh bahwa sebagian besar karyawan menggunakan motor menuju ke kantor ( 45,35%) dan sebesar (63,26%) karyawan bersedia menggunakan angkutan karyawan. Jadwal operasional angkutan terbagi menjadi 2 shift, shift pagi dan shift sore. Jumlah total kebutuhan angkutan untuk seluruh kantor adalah 88 kendaraan, setiap kantor memiliki rute angkutan dan besarnya Biaya Operasional Kendaraan (BOK) untuk seluruh kantor adalah sebesar Rp. 7.521.839.966 per tahun.

 

Kata kunci : Manajemen Kebutuhan Transportasi, Angkutan Bus Karyawan,   Sistem Operasional Angkutan Karyawan, Biaya Operasional Kendaraan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32502/jbearing.699201751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published by :

Program Studi Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Palembang

P-ISSN : 2085-6261

E-ISSN : 2623-1409

Email : bearing@um-palembang.ac.id 

 Creative Commons Licence

Bearing : Jurnal Penelitian dan Kajian Teknik Sipil is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.