ANALISIS KARAKTERISTIK KECELAKAAN DAN PENANGANAN LOKASI RAWAN KECELAKAAN LALU LINTAS DI KOTA LUBUKLINGGAU

Fera Carina

Abstract


Kota Lubuklinggau termasuk kota dengan tingkat jumlah penduduk cukup tinggi di Indonesia, namun seiring dengan bertambahnya kebutuhan infrastruktur yang diperlukan, tidak diikuti dengan pengadaan infarastruktur yang memadai. Kajian mengenai penelitian ini ditujukan untuk mengetahui karakteristik kecelakaan, menemukan faktor penyebabnya, mengetahui lokasi black spot dan menghasilkan strategi menyusun penyelesaian masalah. Analisis kecelakaan dilakukan dengan menggolongkan kecelakaan berdasarkan tingkat kecelakaan, kelas korban kecelakaan, waktu kecelakaan, jenis kendaraan yang terlibat, dan jenis kecelakaan yang terjadi. Dalam menentukan lokasi black spot digunakan dua metode, yaitu metode AEK (Angka Ekivalen Kecelakaan) dan metode cussum. Setelah itu dilakukan survey kelapangan untuk menghitung kecepatan kendaraan dan survey LHR (Lalu lintas Harian Rata-rata) di  lokasi rawan kecelakaan . Dalam penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa penyebab kecelakaan lalu lintas ialah kelalaian pengendara kendaraan (human error) dan kurang tersedianya infrastruktur yang memadai pada ruas jalan yang rawan kecelakaan. Jalan Yos Sudarso merupakan lokasi rawan kecelakaan lalu lintas tertinggi di Kota Lubuklinggau. Pada ruas Jalan tepatnya di depan Telkomsel Jalan Yos Sudarso merupakan ruas jalan dengan lokasi rawan kecelakaan tertinggi.

 

Kata kunci : Black Spot, Karakteristik kecelakaan, Angka kecelakaan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32502/jbearing.700201751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published by :

Program Studi Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Palembang

P-ISSN : 2085-6261

E-ISSN : 2623-1409

Email : bearing@um-palembang.ac.id 

 Creative Commons Licence

Bearing : Jurnal Penelitian dan Kajian Teknik Sipil is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.