ANALISIS KEBUTUHAN AIR BERSIH DI KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TIMUR SUMATERA SELATAN

Ririn Utari, Nyimas Arnita Aprilia

Abstract


Seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur maka jumlah kebutuhan akan air bersih juga meningkat, oleh karena itu perlu dilakukan analisis kebutuhan air  bersih untuk sekarang dan yang akan datang agar kebutuhan air penduduk di Kabupaten Ogan Ulu Timur tetap terpenuhi.

Tahapan-tahapan dalam penelitian meliputi studi literatur, pengumpulan data sekunder, pengolahan data yang terdiri dari perhitungan proyeksi penduduk dan perhitungan kebutuhan air bersih dan dilanjutkan dengan analisis perbandingan kebutuhan air dengan kapasitas produksi PDAM di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur.

Dari hasil analisis didapatkan bahwa prediksi kebutuhan air bersih di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur untuk tahun 2022 adalah 1173,48 liter/detik dan untuk tahun 2027 adalah 1270,32 liter/detik. Jika dibandingkan dengan kondisi kapasitas produksi PDAM di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur maka sangat tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan air bersih penduduk, sebagian besar penduduk masih memanfaatkan air permukaan dan air tanah untuk memenuhi kebutuhan air bersih sehari-hari.

 

Kata kunci : kebutuhan air bersih, kapasitas produksi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32502/jbearing.701201751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published by :

Program Studi Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Palembang

P-ISSN : 2085-6261

E-ISSN : 2623-1409

Email : bearing@um-palembang.ac.id 

 Creative Commons Licence

Bearing : Jurnal Penelitian dan Kajian Teknik Sipil is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.