KONSEP PEMBANGUNAN PERMUKIMAN BERWAWASAN LINGKUNGAN

Matsyuri Ayat

Abstract


Tujuan pembangunan adalah untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan manusia, oleh karena itu pengelolaan sumberdaya alam  harus  dilaksanakan dengan sebijaksana mungkin. Manusia sebagai komponen ekosistem alam, secara alami  kehidupannya sangat tergantung  kepada lingkungan tempat tinggalnya.  Namun dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, manusia dapat merekayasa sumberdaya alam serta memanfaatkannya untuk kesejahteraannya.

Permukiman adalah area tanah  yang digunakan sebagai  lingkungan tempat tinggal atau lingkungan  hunian dan tempat  kegiatan yang mendukung perikehidupan  dan merupakan kawasan perkotaan maupun pedesaan. Pembangunan berwawasan lingkungan atau pembangunan berkelanjutan (sustainable development) adalah adalah upaya sadar dan berencana  dalam menggunakan dan mengelola sumberdaya secara bijaksana dalam pembangunan  yang berkesinambungan untuk meningkatkan mutu hidup. Syarat-syarat permukiman yang berwawasan lingkungan adalah bebas dari bencana banjir, jauh dari sumber pencemar dan kebisingan,  kondisi lahan yang stabil, tersedianya sumber air bersih yang cukup, mempunyai aksesibilitas yang baik dan mempunyai lahan hijau terbuka yang cukup.

Pemeliharaan lingkungan di perumahan dan permukiman sering menjadi permasalahan bagi penghuni, pengembang dan pemerintah setempat terutama pada ruang-ruang terbuka untuk kepentingan umum. Daerah-daerah ini dapat meliputi jalan-jalan utama, pedestrian, taman-taman  dan jalur hijau terbuka. Tujuan sosio-ekonomi pembangunan akan tampak jelas bilamana permukiman sudah dihuni. Bila dikemudian hari terwujud suatu komunitas yang mampu memelihara  dan mengembangkan kehidupan sosial  serta lingkungan fisik, tidak saja secara internal, melainkan juga dengan lingkungan disekitarnya. Maka satuan permukiman tersebut dapat memberikan harapan lebih pasti akan terwujudnya cita-cita pembangunan yang berkelanjutan (sustainable development). 

 

Kata Kunci : Pembangunan, Permukiman, Lingkungan.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32502/jbearing.702201751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published by :

Program Studi Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Palembang

P-ISSN : 2085-6261

E-ISSN : 2623-1409

Email : bearing@um-palembang.ac.id 

 Creative Commons Licence

Bearing : Jurnal Penelitian dan Kajian Teknik Sipil is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.