ANALISIS PERENCANAAN PONDASI AKIBAT BEBAN STATIS DAN BEBAN DINAMIS(STUDI KASUS : MESIN VERTICAL MILL DI PT. SEMEN BATURAJA)

Rezky Anugrah Wati

Abstract


Pondasi mesin merupakan bagian dari struktur bawah yang berfungsi untuk memikul beban statis maupun beban dinamis yang ditimbulkan oleh mesin  untuk kemudian diteruskan ke lapisan tanah.Dalam penelitian ini dibahas tentang perencanaan pondasi akibat beban statis dan beban dinamis yang dihasilkan oleh pergerakan mesin vertical mill.

Tahapan-tahapan dalam penelitian meliputi studi literatur, pengumpulan data sekunder, perencanaan pembebanan, serta perhitungan perencanaan pondasi mesin yang dimulai dengan perhitungan daya dukung tanah dan dilanjutkan dengan perencanaan dimensi pondasi mesin tipe blok dan kombinasi antara pondasi mesin tipe blok dengan pondasi tiang.

Dari hasil perencanaan didapatkan dimensi pondasi mesin yang paling efektif dan memenuhi persyaratan keamanan pondasi mesin, yaitu  kombinasi antata pondasi mesin tipe blok dengan dimensi 15 m x 15 m x 4 m dan pondasi tiang dengan dimensi 40 cm x 40 cm dengan panjang tiang 6 m dan jarak antar tiang 1,2 m.

 

Kata kunci : Pondasi Mesin, Vertical Mill


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32502/jbearing.704201751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published by :

Program Studi Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Palembang

P-ISSN : 2085-6261

E-ISSN : 2623-1409

Email : bearing@um-palembang.ac.id 

 Creative Commons Licence

Bearing : Jurnal Penelitian dan Kajian Teknik Sipil is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.