ANALISIS PENERAPAN DESAIN ARSITEKTUR BENGKULU PADA RANCANGAN BANGUNAN STADION DI KABUPATEN SELUMA

Buyung Mantap

Abstract


Dengan berlakunya otonomi daerah maka pemerintah daerah dituntut untuk  mengembangkan dan mengelola sumber daya yang dimilikinya secara mandiri untuk kesejahteraan masyarakat daerahnya. Dilatarbelakangi hal tersebut, maka pembangunan sarana dan prasarana olahraga di Indonesia sangat diharapkan menjadi satu sektor yang dapat diandalkan dimasa yang akan datang. Untuk  mencapai tujuan diatas dengan menggarisbawahi  pembangunan sarana dan prasarana olahraga diarahkan pada peningkatan pembangunan stadion.

          Pembangunan stadion diharapkan dapat menggalakkan kegiatan olahraga dan meningkatkan prestasi para atlet agar mampu bersaing di event nasional maupun internasional. Selain itu, pembangunan ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan daerah, khususnya pendapatan bagi para penduduk setempat terutama pada bidang ekonomi. Di provinsi Bengkulu khususnya, kabupaten Seluma mempunyai peluang besar untuk menjadi daerah tujuan pembinaan olahraga dan kota Tais ditunjuk sebagai kota tujuan pembinaan olahraga tersebut. Pembangunan stadion olahraga di Kota Seluma ini akan menggunakan desain arsitektur tradisional Bengkulu dengan tujuan untuk menciptakan suasana etnik dan melestarikan arsitektur tradisional yang sekarang perlahan sudah menghilang di masyarakat.

            Penelitian ini menggunakan  metode wawancara dan observasi langsung pada kawasan pembangunan stadion. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sangat memungkinkan diterapkan  beberapa ciri arsitektur tradisional pada bangunan stadion  yaitu poros lingukungan, bentuk ruang, bentuk atap, struktur bangunan, detail kontruksi dan ornamen. Sedangkan ciri yang lain tidak mendukung dikarenakan alasan topografi lokasi stadion ataupun alasan lainnya. Selain itu desain arsitektur  stadion juga  memadukan antara ciri utama arsitektur tradisional  dengan  modern  agar sesuai dengan kebutuhan dan fungsi stadion itu sendiri.

 

Kata Kunci : Pembangunan Stadion,  Kabupaten Seluma,  desain arsitektur tradisional, etnik


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32502/jbearing.729201542

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Published by :

Program Studi Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Palembang

P-ISSN : 2085-6261

E-ISSN : 2623-1409

Email : bearing@um-palembang.ac.id 

 Creative Commons Licence

Bearing : Jurnal Penelitian dan Kajian Teknik Sipil is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.