ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA FILM SANG PENCERAH GARAPAN SUTRADARA HANUNG BRAMANTYO

Supriatini Supriatini, Surismiati Surismiati

Abstract


Film pada dasarnya bukan sekadar tontonan, tetapi sebagai tuntunan juga. Oleh sebab itu, film Sang Pencerah yang disutradarai Hanung Bramantyo diyakini memiliki nilai-nilai tuntunan yang berkaitan dengan pendidikan Islam dan Kemuhammadiyahan. Hal itulah yang menjadi masalah dalam kajian ini.Penelitian ini menggunakan teknik analisis karya, sehingga semua aspek yang relevan dengan nilai-nilai pendidikan Islam dapat ditelaah dengan baik dengan bersandar kepada Surah Luqman sebagai sumber rujukan. Telaah terhadap nilai-nilai pendidikan Islam itu kemudian dikelompokkan kepada tiga kategori utama, yaitu (1) nilai pendidikan keimanan (aqidah) meliputi pendidikan yang berusaha mengenalkan, menanamkan, dan mengarahkan kepada anak didik terhadap nilai-nilai kepercayaan terhadap rukun Islam dan sejenisnya, (2) nilai pendidikan ibadah (syari’ah) meliputi pendidikan yang berusaha mengenali, menghayati, dan menanami nilai-nilai aturan Allah tentang cara aturan perilaku hidup manusia, baik hubungan secara vertikal maupun horizontal dengan makhluk-Nya, dan (3) nilai pendidikan akhlak meliputi nilai pendidikan yang berusaha mengenalkan, menanamkan, serta menghayatkan kepada anak didik  tentang sistem aturan nilai yang mengatur pola laku, sikap, dan tindakan manusia atas isi bumi, yang mencakup hubungan dengan Allah, hubungan dengan manusia lain, dan hubungan dengan diri sendiri.


Keywords


nilai pendidikan Islam; nilai pendidikan keimanan; nilai pendidikan ibadah; nilai pendidikan akhlak

Full Text:

PDF

References


Aminuddin. (2011). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Bramantyo, Hanung. (2017). Film Sang Pencerah. 29April 2017. https://www.youtube.com/watch?v=gd1BsaWcJNM.

Departemen Agama RI. 2014. Al Quran dan Terjemahnya. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Javandalasta, Panca. (2011). Lima Hari Mahir Bikin Film. Surabaya: PT. Java Pustaka Group

Muhaimin dan A. Mujib. (1995). Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Trigenda Karya.

Mudjiono,Yoyon. (2011). Kajian Semiotik dalam Film. Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 1, No. 1. http://jurnalilkom.uinsby.ac.id/index.php/jurnalilkomarticle/view/10/6. Di akses padatanggal 15 Juli 2017.

Mukidi. (2011). Nilai-Nilai Pendidikan dalam Surah Luqman. Jurnal Wali songo. Volume 19, No. 2. http://download.portalgaruda.org/article.Php?article=396274&val=8643&title=NILAI-NILAI%20PENDIDIKAN%20DALAM%20

SURAT%20LUQMAN.

Ratna, Nyoman Khuta. (2012). Teori, Metode, Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Siswantoro. (2014). Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v2i2.1260

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.