ANALISIS WACANA KRITIS PADA KORAN KOMPAS EDISI 24 MEI 2012

Tri Riya Anggraini

Abstract


Penelitian ini mencoba untuk mengungkapkan karakteristik analisis wacana kritis, yang terdiri dari tindakan, konsep, historis, kekuasaan, dan ideologi yang terdapat pada Koran Kompas edisi 24 Mei 2012. Selain itu, satuan dan sarana analisis wacana kritis yang terdiri dari struktur makro, superstruktur, dan struktur mikro juga diungkapkan secara detail pada Koran Kompas edisi 24 Mei 2012. Adapun rumusan masalah yang ingin diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimanakah ideologi yang terdapat pada Koran Kompas edisi 24 Mei dengan melihat struktur makro, superstruktur, dan struktur mikro. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ideologi yang terdapat pada Koran Kompas edisi 24 Mei 2012 melalui struktur makro, superstruktur, dan juga struktur mikro tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode linguistik deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah Koran Kompas edisi 24 Mei 2012.


Keywords


analisis wacana kritis; ideologi; struktur makro; superstruktur; struktur mikro

Full Text:

PDF

References


Darma, Yoce Aliah. (2009). Analisis Wacana Kritis. Bandung: Yrama Widya.

Eriyanto. (2001). Analisis Wacana; Pengantar Analisis Teks. Yogyakarta: Media.

Sobur, Alex. (2006). Analisis Teks Media; Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Farming. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kompas, 24 Mei 2012. Jakarta.

Titscher, Stefan dan Meyer Michael. (2009). Methods of Text and Discourse Analysis (Metode Analisis Teks dan Makna). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Verhaar, J.W.M. (2008). Asas-asas Linguistik Umum. Gajah Mada University Press




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v2i2.1577

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.