PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERBICARA

Muhamad Doni Sanjaya, Inawati Inawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk bahan ajar berbentuk buku teks yaitu tentang aspek keterampilan berbicara yang meliputi materi diskusi, debat, pewara, pidato, penyuluh bahasa, dan seminar dengan judul Pengembangan Keterampilan Berbicara. Metode yang digunakan yaitu Research and development (R&D) dengan model pengembangan Jolly dan Bolitho. Sampel 32 mahasiswa Semester II PBSI. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar mahasiswa mengalami peningkatan setelah menggunakan bahan ajar hasil pengembangan. Nilai rata-rata sebelum menggunakan bahan ajar hanya mencapai 56,9, sedangkan setelah menggunakan bahan ajar mencapai 67,3. Selanjutnya, pada praktik berbicara menunjukkan rata-rata nilai sebagai berikut. (1) Praktik diskusi, nilai rata-rata pretest mencapai 64,7, sedangkan posttest mencapai 77,2. (2) Debat, nilai rata-rata pretest hanya mencapai 68,9, sedangkan posttest mencapai 74,7. (3) Pidato, nilai rata-rata pretest hanya mencapai 67,6, sedangkan posttest mencapai 79,4. (4) Pewara, nilai rata-rata pretest hanya mencapai 67,2, sedangkan posttest mencapai 75,8. (5) Penyuluh bahasa, nilai rata-rata pretest hanya mencapai 70,8, sedangkan posttest mencapai 77,2. (6) Seminar, nilai rata-rata pretest hanya mencapai 71,1, sedangkan posttest mencapai 77,3. Sementara itu, hasil penghitungan statistik dengan uji t menggunakan SPSS memperlihatkan bahwa hasil sebelum dan setelah penggunaan bahan ajar berbeda secara signifikan. Hal ini berarti bahan ajar hasil Pengembangan Keterampilan Berbicara layak digunakan oleh mahasiswa.

Keywords


Pengembangan; Target Luaran; Buku Teks; Bahan Ajar

References


Adia. (2010). Pentingnya Kemahiran Berbicara. Bogor: Quadra.

Ahmadi, Abu. (2010). Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Brook, Nelson. (1964). Language and Language Lerning. New York: Harcourt Brace and World, Inc.

Brown, H. Douglas. (2007). Teaching by Principles: an Interactive Approach To Language Pedagogy. Upper Saddle River, New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Cahyani, Novianti Ayu. (2017). Penerapan Metode VAKS (Visual, Auditory, Kinestethic, Sugestopedia) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Materi Memerankan Tokoh Drama. Jurnal Pena Ilmiah, 2 (1): 1571-1580.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Depdiknas.

Hamzah, B, Uno. (2008). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Inawati dan Muhamad Doni Sanjaya. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Cepat dan Pemahaman Untuk Siswa Kelas V SD. Prosiding Seminar Nasional “Pengembangan Budaya Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia”. Yang Diselenggarakan Pascasarjana FKIP Universitas Sriwijaya Bekerjasama dengan HISKI Komisariat Sumsel. Tanggal 25 November 2017. Palembang: Afwa Smart Media.

Jolly, David and Rod Bolitho. (2007). A Framework for Material Writing. Brian Tomlinson (Ed.) Material Development In Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.

Mbulu, J. dan Suhartono. (2004). Pengembangan Bahan Ajar. Malang: Elang Mas.

Nunan, David. (2006). The Learner-Centered Curriculum: A Study In Second Language Teaching. Cambridge University Press.

Permana, Erwin Putera. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Boneka Kaus Kaki Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 2 (2): 133-140. Prastowo, Andi. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Setiawan, D. (2007). Pengembangan Bahan Ajar: Modul Materi Pokok IDIK 4009. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syahid, A. (2003). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Rancangan Pembelajaran dengan Menerapkan Model Elaborasi. Tesis, Tidak Diterbitkan. UM: PPS.

Tarigan, Henry Guntur dan Djago Tarigan. (2009). Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung.

Tarigan, Henry Guntur. (2015). Berbicara: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa: Bandung.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v3i2.1824

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.