PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS MAKALAH DAN ESAI

Muhammad Rama Sanjaya, Muhamad Doni Sanjaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kebutuhan bahan ajar menulis makalah dan esai; (2) merancang buku teks yang sesuai dengan analisis kebutuhan mahasiswa pada bahan ajar menulis makalah dan esai., (3) mendeskripsikan buku teks membaca II hasil pengembangan di semester II., (4) mendeskripsikan validitas buku teks menulis makalah dan esai di semester II., (5) mendeskripsikan pengaruh potensial buku teks menulis makalah dan esai di semester II terhadap hasil belajar. Model pembelajaran yang dikembangkan adalah buku teks bahan ajar menulis makalah dan esai untuk mahasiswa semester II Prodi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah. Langkah-langkah model penelitian pengembangan menggunakan teori Dick Carey and Carey. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester II Prodi Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah di Universitas Baturaja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prototipe bahan ajar menulis makalah dan esai sangat eefektif digunakan. Prototipe pembelajaran meliputi materi, langkah-langkah, dan rubrik penilaian menulis makalah dan esai.


Keywords


Pengembangan; Buku Teks; Menulis Makalah dan Esai; Bahan Ajar

References


BSNP. (2006). Standar Isi (Keputusan Menteri No. 22, 23, 24. Tahun 2006) Badan Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: BSNP.

Ghazali, A Syukur. (2010). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung: PT. Refika Aditama.

Khalid. (2011). Teknik Pembelajaran Writing dalam Bahasa Inggris. Medan: Majalah Ukhuwah Universitas Al–Washliyah.

Oshima, Alice dan Ann Hogue. (2002). Writing Academic English. New York: Longman.

Parera, Jos Daniel. (1993). Menulis Tertib dan Sistematik. Jakarta: Erlangga.

Prastowo, Andi. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Setiawan, Denny, dkk. (2007). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tomlinson, Brian (Ed). (1998). Materials Development In Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v3i2.1832

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.