KEMAMPUAN DAN KESULITAN SISWA KELAS VIII MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK TEKS DRAMA

Awalludin Awalludin, Muhamad Doni Sanjaya, Nia Sevriyani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 48 OKU mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama dan untuk mengetahuikesulitan siswa mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 48 OKU berjumlah satu kelas  yakni 15 siswa. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes dan angket. Teknik penganalisisan data adalah teknik analisis statistik desktiptif. Berdasarkan hasil tes diketahui siswa yang memperoleh nilai 75—100 sebanyak 12 siswa (80%) kategori penilaian mampu dan  siswa yang memperoleh nilai 0—74 sebanyak 3 siswa (20%)kategori tidak mampu dengan rata-rata 77,1 (kategori mampu).Berdasarkan analisis angket yang diberikan kepada siswa, ada beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama. Hal ini terlihat dari jumlah jawaban yang sering salah pada soal no 5, 6, 7, 8, 9, 10 (23,33%) . Akan tetapi, hal itu tidak menjadi suatu permasalahan yang berarti. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 48 OKU mampumengidentifikasi unsur intrinsik teks drama.


Keywords


kemampuan; mengidentifikasi; unsur intrinsik teks drama

References


Awalludin & Lestari, Y. (2017). Pengembangan Modul Menulis Makalah pada Mata Kuliah Pengembangan Keterampilan Menulis. Jurnal Bindo Sastra, 1 (2): 121-130.

Awalludin & Anam, S. (2019). Stratifikasi Sosial dalam Novel Pabrik Karya Putu Wijaya. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 2 (1): 15-28.

Kosasih, E. (2012). Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Noermanzah, N., Abid, S., & Septaria, S. (2018). Improving The Ability of Writing a Narrative Charge by Using Animated Images Media Students Class V.B SD Negeri 17 Lubuk Linggau. BAHTERA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 17 (2): 114-127.

Nurgiyantoro, B. (2010). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: BPFE.

Qadratillah, MT., dkk. (2011). Kamus Bahasa Indonesia untuk Pelajar. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rahim, F. (2009). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Riyanti, S., Susetyo, S., & Wardhana, D.E.C. (2019). Korelasi antara Minat Baca dengan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Sumber Rejo Kabupaten Musi Rawas. Diksa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5 (1): 42-51.

Riyanto, Yatim. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC.

Sudijono, Anas. (2011). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sukardi. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v4i1.2284

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.