MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA

Dessy Erisa, Sri Parwanti, Ismaiyati Ismaiyati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model collaborative larning terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan yaitu True Eksperimental Desain. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas X Akuntasi 1 berjumlah 32 sebagai kelas kontrol dan kelas Akuntansi 2 berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model collaborative learning sangat berpengaruh  terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X SMK Bina Jaya Palembang. Hal ini, terbukti t hitung lebih besar dari t tabel pada taraf signifikan 5% dengan db (derajat bebas) 4,91 15≥">  1,66. Hipotesis yang dikemukakan, yaitu model collaborative learning berpengaruh terhadap pembelajaran menulis teks laporan hasil obsevasi pada siswa kelas X SMK Bina Jaya Palembang terbukti kebenarannya. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat dalam pengajaran, terutama dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya keterampilan menulis teks laporan hasil observasi.


Keywords


pengaruh; model collaborative Learning; teks laporan hasil observasi

References


Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Cahyaningsih. (2014). (http://aisyah cahyaningsih4.blogspot.com/2014/12/pengertian teks-observasi-teks-prosedur.html?m=1. Diakses 21 maret 2019.

Dalman. (2018). Keterampilan Menulis.Depok: Rajawali Pers.

Nurjamal, Daeng, dkk. (2017). Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v3i2.2286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.