RESPON PEMBACA WANITA TERHADAP NOVEL DI SITUS WATTPAD

Andi Febriana Tamrin, Basri Basri

Abstract


Karya sastra erat kaitannya dengan dengan pembacanya. Hal ini dikarenakan eksistensi karya sastra akan diakui ketika memiliki pembaca khususnya respon mereka. Penelitian ini memiliki tujuan untuk; 1) mengungkap respon pembaca wanita terhadap novel yang bertema romantis di situs Wattpad. Wattpad merupakan salah satu situs baca daring yang saat ini terkenal karena banyaknya penulis muda yang menuliskan karyanya pada akun masing-masing. Untuk mencapai tujuan penelitian, 50 wanita yang berusia antara 18-35 tahun dan yang memiliki pekerjaan yang berbeda dipilih secara acak. Metode penelitian ini berupa kualitatif deskriptif menggunakan penyebaran kuesioner dan wawancara. Hasil dari penelitian ini kemudian menunjukkan bahwa respon pembaca wanita berbeda meskipun mereka membaca novel dengan genre yang sama. Selain itu respon pada unsur tekstual lebih banyak diberikan oleh pembaca wanita yang memiliki latar belakang Pendidikan SMA umumnya berprofesi sebagai mahasiswa. Unsur tekstual lainnya yang kurang mendapatkan resepsi yang cukup baik dari segi penokohan, alur dan Bahasa yang digunakan oleh penulis. Pembaca dengan sikap driven story dan submissive lebih mendominasi dalam hal resepsi terhadap novel di situs Wattpad.


Keywords


karya sastra; respon pembaca; wattpad

References


Beach. R. (1993). A Teacher’s Introduction to Reader Reception Theories. Urbana: The National Council of Teacher of English.

Bold, Melanie Ramdarshan. (2016). The Return of The Social Author: Negotiating Authority and Influence on Wattpad. New York: Sage Publications.

Contreras, D. J. A.J, et. All. (2015). The “Wattyfever”: Constructs of Wattpad Readers on Wattpad’s Role in Their Lives. LPU Laguna Journal of Arts and Sciences, 2 (1): 308-327.

Creswell, J. W. (2012). Educational research (4th ed.). Boston, MA: Pearson Education, Inc.

Endaswara, Suwardi. (2013). Metodologi Penelitian Sastra: Epistemologi, Model, Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Buku Seru.

Hidayat, Arif. (2008). Sastra Cyber: Alternatif Komunikasi antara Karya Sastra dan Masyarakat Pembaca. Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 2 (2): 260-268.

Radway, J. (1991). Reading The Romance: Women, Patriarchy, and Popular Literature. The University of North Carolina Press.

Ratna, N.K. (2013). Teori, Metode dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Saraswati, Ekarini. (2011). Resepsi Estetis Pembaca Terhadap Novel Supernova Karya Dee. Jurnal Atavisme, 14 (2): 156-169.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. bandung: Alfabeta.

Segers, Rien T. (2000). Evaluasi Sastra. Terjemahan Suminto A. Sayuti. Yogyakarta: Adicita.

Syahrani, Nadya dan Mahadian Adi Bayu. (2017). Perilaku Menulis Facfiction oleh Penggemar KPOP di Wattpad. Jurnal Komunikasi Global, 6 (2): 200-219.

Walsh, Anthony. (1999). Life History Theory and Female Readers of Pornography. Personality and Individual Differences, 27 (4): 779-787.

Wu, Huei-Hsia dan Walsh, Anthony. (2005). Romance and Female Sexuality: Vicarious Participation? Free Inquiry in Creative Sociology, 33 (2): 105-109.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v4i1.2288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.