ANALISIS SEMANTIK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM NOVEL KEMARAU KARYA A.A NAVIS

Yelliza Gusti, Mahyudin Ritonga, Mursal Mursal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis makna pendidikan agama Islam yang terkandung dalam novel Kemarau yang ditulis oleh Ali Akbar Navis atau yang lebih dikenal dengan A.A Navis. Motivasi melakukan penelitian ini ialah disebabkan keberadaan karya sastra yang masih dipandang sebagian orang hanya sebagai seni, khayalan yang tidak mengandung nilai yang dapat diaktualisasikan dalam kehidupan manusia. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif, karena peneliti ingin menemukan makna yang terkait dengan pendidikan agama Islam dalam karya sastra Kemarau. Berdasarkan analisis semantik diketahui terdapat beberapa nilai pendidikan agama Islam yang terkandung dalam karya A.A Navis, beberapa simbol kebahasaan serta keterkaitan kata dan kalimat diketahui nilai pendidikan pada karya sastra tersebut meliputi nilai keimanan, ibadah, akhlak. Nilai-nilai ini dipahami berdasarkan makna leksikal, gramatikal, referensial serta kiasan yang terdapat dalam naskah sastra.


Keywords


pendidikan agama Islam; sastra; A.A Navis

References


Al-Utsaimin, S. M. bin S. (2012). Sifat Shalat Istisqa’ (Minta Hujan) (Issue 1). Dar al-Kutub al-’Ilmiyyah.

Anindita, K. A., Satoto, S., & Sumarlam. (2017). Diction in Poetry Anthology Surat Kopi by Joko Pinurbo as A Poetry Writing Teaching Material. International Journal of Active Learning, 2(1), 39–49. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijal

Boangmanalu, I. A. (2018). Merefleksikan Cerpen Robohnya Surau Kami Karya A.A Navis sebagai Penggugah Minat Baca Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Pelita Harapan. JDP, 11(2), 139–152.

Dewi, I. Q., Sarwono, S., & Agustina, E. (2018). Analisis Nilai Sosial dalam Kumpulan Cerpen Robohnya Surau Kami Karya A.A Navis. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(2), 174–178.

Fawziah. (2017). Nilai Karakter dan Nilai Kearifan Lokal dalam Karya Sastra: Apresiasi Sastra dalam Kumpulan Cerpen Bertanya Kerbau pada Pedati. Andragogi Jurnal Diklat Teknis, V(2), 95–115.

Ghao, E. T., Aini, R. Q., & Suhendra, R. (2019). Analisis Sosiologis Sastra dan nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Warisan Karya Chairul Harun. Jurnal Kependidikan, 4(1), 21–27.

Goddard, C., & Schalley, A. C. (2010). Semantic Analysis. In Handbook of Natural Language Processing, Second Edition (Issue January 2010). Griffith University. https://doi.org/10.2307/411189

Hakim, L. (1994). Kemarau dan Datangnya dan Perginya. In Pembinaan dan Pengembangan Bahasa (Vol. 1, Issue 1).

Harahap, R. (2015). Etika Islam Dalam Mengelola Lingkungan Hidup. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 1–13.

Hidayatullah, D. (2017). Interseksi Maskulinitas Dan Agama Dalam Cerpen Robohnya Surau Kami Karya a. a. Navis. Adabiyy?t: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 1(2), 139–155. https://doi.org/10.14421/ajbs.2017.01201

Kuijpers, M. M., & Hakemulder, F. (2018). Understanding and Appreciating Literary Texts Through Rereading. Discourse Processes, 55(7), 619–641. https://doi.org/10.1080/0163853X.2017.1390352

Lubis, P. (2018). Pembelajaran Nahwu dengan Nazham Alfiyah Ibn Malik: Studi Kasus di Pondok Pesantren Baitul Hikmah Haurkuning Tasik Malaya. Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, 1(1), 25–42.

Ma’rifah, I. (2012). Perspektif Pendidikan Islam dalam Novel “dan Damai di Bumi” Karya Karl May. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 203–226. https://doi.org/10.14421/jpi.2012.12.203-226

Navis, A. A. (2018). Kemarau (Issue 5). Grasindo.

Noupal, M. (2018). Zikir Ratib Haddad: Studi Penyebaran Tarekat Haddadiyah di Kota Palembang. Intizar, 24(1), 103–114. https://doi.org/10.19109/intizar.v24i1.2185

Ritonga, M. (2013). Semantik Bahasa Arab dalam Pandangan al-Anbari: Kajian Makna al-Tadhad di dalam Alquran. CV Hayfa Press.

Ritonga, M. (2018). Modulisasi Kitab Kuning Bidang Fiqh Berbasis Materi UAM di Pondok Pesantren Darul Ulum Air Pacah. Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, 1(1), 1–13. https://www.jurnal.umsb.ac.id/index.php/ummatanwasathan/article/view/1115

Ritonga, M. (2020). Kritik terhadap Pendekatan Linguis dalam Mengkaji Makna al-Tadhad. Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, 3(1), 1–15.

Team. (2017). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk Kelas XI (Issue 1). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Thoyar, H. (2011). Pendidikan Agama Islam untuk SMA. In Kementerian Pendidikan Nasional (Vol. 1, Issue 1). Pusat Pengembangan Kurikulum Kementerian Pendidikan. http://dx.doi.org/10.1016/j.tws.2012.02.007

Zeman, A., Milton, F., Smith, A., & Rylance, R. (2013). By Heart an fMRI Study of Brain Activation by Poetry and Prose. Journal of Consciousness Studies, 20(9–10), 132–158.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v4i2.2407

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.