KEMAMPUAN MAHASISWA SEMESTER V MENULIS CERPEN BERDASARKAN PENGALAMAN ORANG LAIN

Aryanti Agustina, Inawati Inawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mahasiswa menulis cerpen berdasarkan pengalaman orang lain. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Baturaja pada tanggal 2—4 Desember 2019. Sampel penelitian berjumlah 34 orang mahasiswa. Metode yang digunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa tes. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, rata-rata kemampuan mahasiswa dalam menulis cerpen berdasarkan pengalaman orang lain mencapai nilai 70,11. Pencapaian ini ditunjukkan dari hasil sebanyak 15 orang mahasiswa (44,12%) termasuk kategori sangat mampu dan sebanyak 7 orang mahasiswa (20,59%) termasuk kategori mampu. Selanjutnya, sebanyak 12 orang mahasiswa (35,29%) termasuk kategori cukup mampu, sedangkan yang termasuk kategori kurang mampu sebanyak  0 orang mahasiswa (0,0%), dan sebanyak 0 orang mahasiswa termasuk kategori tidak mampu (0,0%), dengan rata-rata nilai yang diperoleh sebesar 70,11. Berdasarkan hasil rata-rata skor kemampuan mahasiswa semester V Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Baturaja menulis cerpen berdasarkan pengalaman orang lain tersebut termasuk kategori mampu.


Keywords


kemampuan; menulis; cerpen; pengalaman orang lain

References


Aksan, Hermawan. (2011). Proses Kreatif Menulis Cerpen. Bandung: Nuansa (Anggota IKAPI).

Arikunto, Suharsini. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis.Jakarta: Rineke Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Fibrianti, Ika dan Y. Budi Artati. (2011). PR Bahasa Indonesia. Klaten: Intan Pariwara.

Har, Aveus. (2011). Yuk, Menulis: Diary, Puisi, dan Cerita Fiksi. Yogyakarta: G-media.

Hariadi, Langit Kresna. (2006). Mengarang? Ah Gampang: Langkah-langkah Mudah Menulis Cerpen, Novel, dan Skenario. Solo: PT Tiga Serangkai.

Inawati dan Darningwati. (2020). Kemampuan Mahasiswa Menentukan Ide Pokok Paragraf Melalui Teknik Skimming. Jurnal Bindo Sastra 4 (1): 69-76.

Priyatni, Tri Endah. (2010). Membaca Sastra dengan Ancangan Literasi Kritis.Jakarta: PT Bumi Aksara.

Siki, Ferdinandus, Sunoto, dan Roekhan. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Berdasarkan Pengalaman Pribadi Dengan Strategi Pemodelan. Jurnal Pendidikan, 2 (12): 1679-1682.

Sudijono, Anas. (2005). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Sulistyo, Bambang. (2009). Keterampilan Menulis. Garut: Yayasan Al Fatah (YAF).




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v4i2.2565

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.