PENGARUH TEKNIK UBAH DIARY DALAM MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH TANJUNG RAJA KABUPATEN OGAN ILIR SUMATERA SELATAN

Ernani Ernani, Ratna Nery

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan dalam kemampuan menulis antara siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Tanjung Raja yang diajar dengan teknik ubah diary dan yang tidak. Metode eksperimen semu digunakan dalam penelitian ini. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah Tanjung pada tahun akademik 2019/2020. Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan uji-t menggunakan SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada kelas  eksperimen, skor rata-rata tes awal adalah 51,74 dan skor rata-rata tes akhir adalah 68,04. Sementara itu, pada kelas kontrol, skor rata-rata tes awal adalah 48,26 dan skor rata-rata tes akhir adalah 55,87. Berdasarkan hasil uji-t sampel independen, ditemukan bahwa t-hitung (4,167) lebih tinggi dari t-tabel (2,0129) dengan tingkat keabsahan  44 pada tingkat signifikansi probabilitas di bawah 0,05. Ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Ini berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam kemampuan menulis antara siswa kelas tujuh SMP Muhammadiyah Tanjung Raja yang diajar dengan teknik ubah diary dan siswa yang tidak.


Keywords


cerpen; menulis; teknik; ubah diary

References


Alek dan Achmad. (2011). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmayanti, Sri Wahyuni. (2012). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Menggunakan Teknik Ubah Catatan Harian Pada Siswa Kelas X.D SMA Negeri 1 Banguntapan Bantul. Diakses 05 Juli 2017.

Hayati, A dan Masnur Muslich. (2015). Latihan Apresiasi Sastra. Penunjang Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMP dan SMA. Surabaya. Triani Media.

Isminatun. (2006). Teknik Lengkapi Cerpen dan Ubah Diary sebagai Alternatif Pembelajaran Menulis Cerpen. Diakses 05 Juli 2017.

Komaidi, Didik. (2007). Aku Bisa Menulis: Panduan Praktis Menulis Kreatif Lengkap. Yogyakarta: Sabda Media.

Kosasih, E. (2008). Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Nobel Edumedia.

Leo, Susanto. (2017). Mencerahkan Bakat Menulis. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama

Nurgiyantoro, Burhan.(2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: UGM Press.

Nurhadi. (2017). Handbook of Writing Panduan Lengkap Menulis. Jakarta: Bumi.

Purba, Antilan. (2012). Sastra Indonesia Kontemporer. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rosidi, I. (2013). Menulis Siapa Takut Panduan bagi Penulis Pemula. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Sastromiharjo, Andoyo. (2012). Bahasa dan Sastra Indonesia 1. Yudhistira.

Sayuti, Suminto A. (2017). Berkenalan dengan Prosa Fiksi. Yogyakarta: Gama Media.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sulis, Agustina. (2014). Peningkatan Kemampuan Menulis Teknik Ubah Catatan Harian Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 26 Purwokerto. Diakses 05 Juli 2017.

Sumiyadi. (2010). Kriteria Menulis Cerpen. (https://www.bing.com/search?q=kriteria+menulis+cerpen&form=EDGEAR&qs=PF&cvid=fd0a386eaff74e1fab074bf02e120742&cc=US&setlang=en-US) diakses Februari 2020.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v4i2.2667

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.