ANALISIS NILAI MORAL DALAM KUMPULAN CERPEN KELUARGA KU TAK SEMURAH RUPIAH KARYA R AYI HENDRAWAN SUPRIADI DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Muhamad Doni Sanjaya, Muhamad Rama Sanjaya, Desta Mustika

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil Analisis Nilai Moral dalam Kumpulan Cerpen Keluargaku Tak Semurah Rupiah Karya R Ayi Hendrawan Supriadi dan Relevansinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMA. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskripsi. Sumber data dalam penelitian ini adalah Cerpen Keluargaku Tak Semurah Rupiah Karya R Ayi Hendrawan Supriadi. Berdasarkan hasil nilai moral hubungannya manusia dengan tuhan terdapat dalam kumpulan cerpen Keluargaku Tak Semurah Rupiah Karya R Ayi Hendrawan Supriadi adalah ketakwaan. Nilai moral dalam lingkup hubungannya manusia dengan sesama terdapat dalam kumpulan cerpen Keluargaku Tak Semurah Rupiah Karya R Ayi Hendrawan Supriadi ada enam nilai moral yaitu toleransi, kasih sayang, simpati, suka memberi, bertanggung jawab,kepedulian. Nilai moral dalam lingkup hubungannya manusia dengan diri yang terdapat dalam kumpulan cerpen Keluargaku Tak Semurah Rupiah Karya R Ayi Hendrawan Supriadi yaitu kesadaran diri, intropeksi diri, pantang menyerah, berkomitmen dan berfikir kritis. Kumpulan cerpen Keluargaku Tak Semurah Rupiah Karya R Ayi Hendrawan Supriadi dapat menjadi materi bahan ajar di sekolah karena dapat menjadi pedoman untuk pembentukan kepribadian dan watak peserta didik dengan mampu menilai dan memahami nilai moral yang dapat ditiru dan diterapkan dilingkungan sekolah dan masyarakat.


Keywords


nilai moral; cerpen; pembelajaran sastra

References


Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Faozi Resti. (2019). Nilai Moral Pada Antologi Cerpen Kasur Tanah (Cerpen Pilihan Kompas 2017) dan Kelayakannya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA/ MA. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Semarang.

Kasnadi dan Sutejo. (2010). Kajian Prosa Kiat Menyisir Dunia Prosa. Yogyakarta: Pustaka Felicha.

Kosasih, E. (2014). Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Moleong, Lexy J. (2017). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Mustari, Muhammad. (2014). Nilai Karakter: Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nurgiyantoro, Burhan. (2012). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurgiyantoro, Burhan. (2013). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Paryani, Septa. (2017). Nilai Moral dalam Novel Diantara Dua Hati Karya Emily Giffin Tinjauan Sosiologi Sastra dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra di SMA. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Baturaja.

Pradopo, Rachmat Djoko. (2011). Prinsip-Prinsip Kritik Sastra. Yoygakarta: Gadjah Mada University Press.

Purnami, Amanah Ady. (2016). Analisis Nilai Moral dalam Cerita Pendek Pada Majalah Bobo Edisi Januari Sampai Desember 2015. Skripsi. Pendidikan Sekolah Dasar Universitas Negeri Yogyakarta.

Swandy, Eduardus. (2019). Nilai-Nilai Moral Dalam Kumpulan Cerpen Cinta Laki-Laki Biasa Karya Asma Nadia, Dkk. Jurnal Pendidikan Bahasa. 1 (2).

Syamsuddin dan Damaianti. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v5i1.3144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.