NILAI SOSIAL DAN NILAI BUDAYA DALAM KUMPULAN CERPEN NEGERI DAHA KARYA BUMIAYU CREATIVE CITY FORUM

Nurul Afidatul Ummah, Cintya Nurika Irma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis (1) nilai sosial dalam kumpulan cerpen Negeri Daha karya Bumiayu Creative City Forum dan (2) nilai budaya dalam kumpulan cerpen Negeri Daha karya Bumiayu Creative City Forum. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kumpulan cerpen Negeri Daha karya Bumiayu Creative City Forum yang diterbitkan oleh Pustaka Senja pada tahun 2020. Penelitian ini di lakukan pada 03 Juni 2021. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Penelitian ini berimplikasi pada adat istiadat yang berada di sekeliling penulis kumpulan cerpen Negeri Daha karya Bumiayu Creative City Forum. Data yang digunakan berkaitan dengan nilai sosial dan nilai budaya dalam kumpulan cerpen Negeri Daha karya Bumiayu Creative City Forum. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan baca dan catat. Nilai sosial yang ditemukan, yaitu  (a) kasih sayang seorang gadis yang bernama Asmara Senja pada ibunya, (b) kepedulian Nur pada bapaknya yang sedang dilanda krisis ekonomi,               (c) tolong-menolong yang dilakukan Anggalarang dan warga untuk menemukan penculikan Dyah Dahawardani, (d) kerja sama warga untuk mengusir Mang Tarjo yang telah membuang bayi di kali Onje, (e) tanggung jawab pada sosok Ratih yang selalu membantu beban kehidupan orang tuanya dirumah. Selain itu, nilai budaya ditemukan berdasarkan empat kategori hubungan manusia yaitu (a) hubungan manusia dengan adat istiadat kuno, (b) hubungan manusia dengan roh-roh halus, (c) hubungan manusia dengan orang lain, (d) hubungan manusia dengan diri sendiri.


Keywords


cerpen Negeri Daha; nilai sosial; nilai budaya; adat istiadat; sosiologi sastra

References


traditional to "augmented reality" The MUVIG Museum of Viggiano (Italy). Procedia - Social and Behaviour Sciences, 188, 138-143.

Endraswara, Suwardi. (2006). Metodelogi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Media Pressindo.

Endraswara, Suwardi. (2018). Antropologi Sastra Lisan: Perspektif, Teori, dan Praktik Pengkajian. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Faruk. (2012). Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kosasih, E. (2012). Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Mentari, Dara, dkk. (2017). Nilai Budaya Dalam Novel Tungku Karya Salman Yoga S. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan PBSI, 2 (2), 38-51.

Muhtar. (2013). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: GPPres Grouf.

Nurgiyantoro, Burhan. (2018). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Pudjitriherwanti, dkk., (2019). Ilmu Budaya: Dari Strukturalisme Budaya Sampai Orientaslisme Kontemporer. CV Rizquna: Banyumas.

Purwanti, Lia Dewi. (2016). Nilai Pendidikan Sosial Dalam Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck Karya Buya Hamka. Skripsi. IAIN Salatiga.

Ratna, Nyoman Kutha. (2015). Paradigma Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rokhmansyah, Alfian. (2014). Studi dan Pengkajian Sastra: Perkenalan Awal Terhadap Ilmu Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Septiana, Husnul dan Siti Isnaniah. (2020). Kajian Struktural dan Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Hayya Karya Helvy Tiana Rosa Dan Benny Arnas. Klitika: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia,2 (1), 11-38.

Stanton, Robert. (2012). An Introduction to Fiction. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Supriyadi Bambang, dkk. (2012). In Search Of The Power Of Javaneses Culture Against The Cultural Urbanization In Kotagede, Yogyakarta Indonesia. Procedia Social and Behavioral Sciences, 68, 676-686.

Wicaksono, Andri. (2014). Menulis Kreatif Sastra dan Beberapa Model Pembelajarannya. Lampung: Garudhawaca.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v5i2.3428

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.