PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APPINVENTOR BERBASIS PADA ANDROID MATERI DEBAT

Idham Syafri Marliansyah, Gunawan Ismail, Supriatini Supriatini, Ratu Wardarita, Siti Rukiyah

Abstract


Penelitian memiliki tujuan, yaitu: 1) mendeskripsikan hasil analisis kebutuhan peserta didik dan guru Bahasa Indonesia terhadap media pembelajaran menggunakan AppInventor berbasis android pada materi debat kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Palembang, 2) mendeskripsikan rancangan pengembangan media pembelajaran menggunakan AppInventor berbasis Android pada materi debat di SMA Muhammadiyah 1 Palembang, 3) mndeskripskan validasi pengembangan media pembelajran AppInventor pada materi debat di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Metode penelitian ini merupakan metode R&D (Reasearch and Develoment) menggunakan model Alessi dan Trollip. Hasil penelitian ini, yaitu: 1) hasil wawancara terhadap guru Bahasa Indonesia di SMA Muhammadiyah 1 Palembang dan hasil kuisioner atau angket berupa google formulir yang diberikan peserta didik bahwa peggunaan media pembelajaran sangat membantu dalam proses pembelajaran, 2) penelitian media pembelajaran AppInventor berbasis andorid memiliki rancangan dengan menggunakan model Alessi dan Trollip yang meliputi tiga tahapan, yaitu perencanaan (planning), desain (design), dan pengembangan (development), 3) produk akhir media pembelajaran AppInventor berbasis android  telah memenuhi kriteria “sangat layak” dengan presentase akhir 90% dari ahli media dan ahli materi dengan presentase 99%.


Keywords


pengembangan; media pembelajaran; appinventor; android; debat

References


Alessi, M. S., & Tropllip, S. (2001). Multimedia For Learnin Methods and Develoment. Boston: Allyn and Bacon.

Daryanto. (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrama Widya.

Fatimah, S., & Mufti, Y. (2014). Pengembangan media pembelajaran IPA-fisika smartphone berbasis android sebagai penguat karakter sains siswa. Jurnal Kaunia, 10(1), 59-64.

Kadir, Abdul. (2017). Pemrograman Arduino & Android Menggunakan AppInventor. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

Maskur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan media pembelajaran matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177-186.

Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 22-26.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatid, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.

Suryani, Nunuk. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Oktaviara, R. A., & Pahlevi, T. (2019). Pengembangan E-modul Berbantuan Kvisoft Flipbook Maker Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Menerapkan Pengoperasian Aplikasi Pengolah Kata Kelas X OTKP 3 SMKN 2 Blitar. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 7(3), 61.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v6i1.3889

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.