PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE PADA KELAS VIII

Listini Listini, Sri Parwanti, Gunawan Gunawan, Mustofa Mustofa, Danto Danto, Refson Refson

Abstract


Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus dengan melihat kemampuan siswa dalam membaca pemahaman dengan menggunakan model word square. Hasil observasi dan tes objektif menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan memberikan dampak yang sangat positif bagi peningkatan aktivitas maupun nilai yang diperoleh siswa. Data tersebut didukung oleh analisis membaca, dimana siswa sangat aktif, antusias, serius, dan tanggung jawab dalam proses pembelajaran berlangsung. Hasil tes membaca ini sejalan dengan hasil observasi dan tes objektif. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi pengajar Untuk dapat menggunakan model pembelajaran word square, dan diharapkan model ini dapat terus dimanfaatkan dalam pembelajaran.


Keywords


membaca; pemahaman; word Square

References


Aqib, Zainal. (2011). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Untuk Guru SD, SLB, TK. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi, Suharjhono, Supardi. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Darman. (2013). Keterampilan membaca. Jakarta: Rajawali pers.

Departemen Pendidikan Nasional. (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ke-Empat. Jakarta: Gramedia Pustaka utama.

Haryono, Daniel. (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Tarigan, Henry, Guntur. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: angkasa Bandung.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v5i2.4277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.