DINAMIKA BAHASA MELAYU NUSANTARA DAN GLOBALISASI

Sri Parwanti, Listini Listini, Gunawan Gunawan, Mustofa Mustofa, Danto Danto, Refson Refson

Abstract


Bahasa memegang peranan penting dalam   komunikasi dan interaksi  manusia dalam kehidupan sosialnya. Dinamika bahasa dapat terjadi melalui proses perubahan, pergeseran, pemertahanan, dan kepunahan bahasa. Bahasa Melayu memiliki peran terhadap bahasa Indonesia yang digunakan sebagai bahasa resmi negara dan bahasa komunikasi antar suku yang berasal dari bahasa Melayu. Permasalahan dalam makalah ini adalah : (a) Bagaimanakah dinamika bahasa Melayu Nusantara?; (b) Bagaimanakah upaya bahasa Melayu Nusantara dalam menghadapi tantangan di era globalisasi?; Hasil dari pembahasan makalah ini menunjukkan bahwa sejarah bahasa Melayu atau disebut juga Bahasa Djawi adalah cabang rumpun bahasa yang meliputi kebanyakan pulau Nusantara. Bukti sejarah bahasa Melayu dalam pengaruh globalisasi yaitu campuran tulisan Sanskrit dan Arab. Dalam pembicaraan mengenai bahasa Indonesia, perrspektif historis, sosiologis, dan yuridis patut diperhatikan. Eksistensi Melayu dalam panggung sejarah, ternyata berimplikasi pada pembentukan jati diri sebagai bangsa Indonesia. Kontribusi yang diberikan berupa nilai-nilai normatif sampai pada nilai-nilai yang bersifat ekspresif dan transformatif. Dampak globalisasi yang begitu deras khususnya di Palembang anak muda sibuk mengejar cita-cita jangka pendek. Hal ini menyebabkan kurangnya penggunaan Baso Palembang akhir-akhir ini. Peran bahasa menjadi vital dalam era teknologi.


Keywords


dinamika; bahasa; melayu; globalisasi

References


Amin, BM. dkk. (2010). Tata Bahasa dan Kamus: Baso Palembang.

Azim. (2003). Dalam buku Tatabahasa dan Kamus Baso Palembang. Hal : 39.

Alidin bin Haji Othman. (2002). Bahasa Melayu/Indonesia sebagai Pembina Peradaban Baru. Prosiding Seminar : Bahasa Melayu dalam Pendidikan dan Budaya Ilmu di Negara Brunei Darussalam. Hal : xxix.

Badarel Munir Amin, dkk. (2010). Tata Bahasa dan Kamus Baso Palembang. Palembang.

Bakar, Abu. (2002). Bahasa Melayu/Indonesia sebagai Pembina Peradaban Baru. Prosiding Seminar: Bahasa Melayu dalam Pendidikan dan Budaya Ilmu di Negara Brunei Darussalam. Hal : 23.

De Hollander, JJ. (1984). Pedoman Bahasa dan Sastra Melayu.

Edi Sedyawati dan Dendy Sugono. (2004). Sastra Melayu Lintas Daerah. Hal : 5.

Gallop. (1995). Dalam buku Bahasa Melayu Bahasa Modern. Hal : 67.

James T. Collins. (2005). Bahasa Melayu Bahasa Dunia. Hal : 28.

Madya Aziz bin Deraman. (2002). Bahasa Melayu dalam Era dan Pendidikan Teknologi Maklumat: Status dan Cabaran. Hal : 147-148.

Naskah asli buku ini, berasal dari karya tulis akademik Nona Ayu Z. Hafsah Amin, BA, (1971), dibawah bimbingan Bapak Drs. Fachrurrozie Cholif, Prof. Drs. H. Usman Madjid, Drs. Raden M. Arif, Drs. H. Zainal Abidin Gofar dan lain-lain, diperbaharui dan diperkaya oleh Baba Prof. Dr. Drs. Apt. Baderel Munir Amin, MA (Antropolog, Peneliti dan Pengajar Sosial Budaya Kesehatan), Baba Drs. Abdul Azim Amin, M.Hum (Dosen Sastera Arab dan Ketua Jurusan Budaya Lokal, Fakultas Adab IAIN Raden Fatah), Nona Ayu Maliha Amin, SKM (Dosen Politeknik Kesehatan dan Pemandu Adat Perkawinan Palembang), Zuhidayah A. Malik Tadjuddin, S. Ag, M. Ag (Dosen Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Fatah), dengan Narasumber: Almarhum Baba KI. H. Muhammad Amin Azhari (Kiyai Ce’Ming), Hj. Nyayu Maimunah Amin Ng. Gadjah Nata, Nona Ayu Z. Hafsah Amin, Ba dll.

Othman bin Mohd. Yamin. (1990). Epigrafi Islam terawal di Nusantara. Hal : 9-10.

Phillip, Bruckmayr. (2019). Cambodia’s Muslims and the Malay World: malay Language, Jawi Script, and Islamic Factionalism from the 19th Century to the present, LEIDEN AND Boston; Brill.

Sarkar. (1986). Bahasa Melayu dan Bahasa Dunia. Hal : 28.

Sambutan Dato’ Haji Abdul Rahim bin Abu Bakar dalam acara Majelis Peresmian sidang Majelis Bahasa Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia (MABBIM) yang ke-40 dan juga Majelis Sastra Asia Tenggara (MASTERA) yang ke-6 pada tahun 2001.

Sunandar, S. (2015). Melayu Dalam Tantangan Globalisasi: Refleksi Sejarah dan Berubahnya Sistem Referensi Budaya.

Tim Penyusun. (2021). Pedoman Penulisan Disertasi. Palembang: UIN Raden Fatah Palembang. Hal : 77.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v5i1.4313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

      

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.