POTRET ISLAM DALAM NOVEL JEJAK LANGKAH DENGAN PENDEKATAN TEOLOGI PEMBEBASAN SERTA RELEVANSINYA PADA PENDIDIKAN KARAKTER

Dede Muhtar Safari, Annas Sudaryanto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Islam dalam novel Jejak Langkah karya Pramoedya Ananta Toer serta relevansinya pada pendidikan karakter. Potret Islam dalam novel tersebut dikaji dan ditarik relevansinya pada konsep pendidikan karakter di Indonesia. Teori yang digunakan dalam melihat fenomena Islam adalah teori Teologi Pembebasan. Pada perspektif ini Islam dipahami sebagai suatu ideologi dan gerakan sosial yang melakukan perlawanan terhadap ketidakadilan. Islam yang disebutkan Islam yang tidak terkait dengan salat dan zikir namun tidak melakukan sembahyangan untuk membela yang susah dan melawan kezaliman. Penelitian ini menggunakan studi pustaka, pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, membaca dan mencatat, data yang diperoleh dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini mengedepankan perjuangan yang kuat serta mengangkat persoalan realitas sosial. Islam menjadi agam yang rahmat bagi semua alam serta relevan untuk segala zaman.


Keywords


jejak langkah; pramoedya ananta toer; teologi pembebasan; pendidikan karakter

References


Dermawan, R. N., & Santoso, J. (2017). Mimikri dan resistensi pribumi terhadap kolonialisme dalam Novel Jejak Langkah karya Pramoedya Ananta Toer: tinjauan poskolonial. Caraka, 4(1), 33-58.

Hartati, Y. S. (2017). Gangguan Kejiwaan Tokoh-tokoh dalam Novel Dadaisme Karya Dewi Sartika. BAHTERA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 16(1), 16-27.

Masitoh, D., & Rohman, M. F. (2017). Menapaki Langkah Hingga Jejak Nasionalisme dalam Roman Jejak Langkah Karya Pramoedya Ananta Toer. BASINDO: jurnal kajian bahasa, sastra Indonesia, dan pembelajarannya, 1(2), 53-58.

Munir, M., & Munafiah, N. U. (2018). The Liberation Theology Of Asghar Ali Engineer And Its Relevance To Islamic Education Objectives. Sunan Kalijaga International Journal on Islamic Educational Research, 2(1), 1-18.

Sabara, S. (2016). Pemikiran Teologi Pembebasan Ali Syari’ati. Jurnal Ushuluddin: Media Dialog Pemikiran Islam, 20(2), 212-233.

Safari, D. M. (2018). NOVEL BELANTIK KARYA AHMAD TOHARI" Pendekatan Sosiologi Sastra". Jurnal Bindo Sastra, 2(1), 183-187.

Siswantoro. (2005). Metode Penelitian Sastra: Analisis Psikologi. Surakarta: Muhammadiyah Universitas Press.

Toer, P. A. (2012). Jejak Langkah. Jakarta: Lentera Dipantara.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v6i1.4384

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.