ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Mega Rindiani, Missriani Missriani, Darwin Effendi

Abstract


Tujuan peneliti dalam melakukan penelitian ini ialah mengetahui dan menggambarkan karakteristik alih kode dan campur kode yang terdapat dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VII   SMP Negeri 1 Jebus. Pada penelitian ini peneliti menggunakan  metode penelitian deskriptif  kualitatif. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan ialah teknik rekam dan catat. Karakteristik alih kode ke dalam yang ditemukan yaitu peralihan Bahasa Indonesia ke bahasa daerah (Bangka), Bahasa Indonesia formal ke Bahasa Indonesia informal. Selain itu, terdapat juga sedikit alih kode ke luar yaitu peralihan Bahasa Indonesia ke bahasa asing (Inggris). Karakteristik campur kode ke dalam yang terjadi yaitu adanya penyisipan kata bahasa daerah (Bangka) ke dalam bahasa Indonesia formal, dan penyisipan kata bahasa Indonesia informal ke dalam bahasa Indonesia formal. Selain itu terdapat campur kode ke luar yaitu penyisipan kata bahasa asing (Inggris) ke dalam bahasa Indonesia yang terjadi pada interaksi dan siswa kelas VII dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia. 


Keywords


alih kode; campur kode; bahasa Indonesia

References


Aslinda, & Syafyahya, L. (2014). Pengantar Sosiolinguistik . Bandung: Refika Aditama.

Chaer, A., & Agustina, L. (2010). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Effendi, D., & Wahidy, A. (2019). Realitas Bahasa Terhadap Budaya Sebagai Penguatan Literasi Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 12, 1.

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Saputri, A. T., Setyorin, R., & Irma, C. N. (2022). Analisis tindak tutur ekspresif dalam transaksi jual beli sayur di pasar wangon. Jurnal Bindo Sastra , 6, 47.

Suandi, I. N. (2014). Sosiolinguistik. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Sumarsono. (2012). Sosiolinguistik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v6i2.4625

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.