ANALISIS PSIKOLOGIS DALAM NOVEL “MENANTIMU DI UJUNG RINDU (MENGAPA ALLAH MEMILIHKAN DIA UNTUKKU)” KARYA RIRI ABDILLAH

Erina Oktavia, Muhamad Doni Sanjaya, Muhamad Rama Sanjaya

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan psikologis dalam novel “Menantimu Di Ujung Rindu (Mengapa Allah Memilihkan Dia Untukku)” karya Riri Abdillah. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi sastra. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik dokumentasi, dan teknik analisis data menggunakan teknik analisis karya. Hasil  penelitian menunjukkan adanya aspek psikologis dalam tokoh-tokoh yang terkandung dalam novel “Menantimu Di Ujung Rindu (Mengapa Allah Memilihkan Dia Untukku)” karya Riri Abdillah. Aspek psikologis ditemukan dalam novel sebanyak tiga aspek. Aspek yang paling dominan dalam novel ini yaitu aspek psikologis id (Is atau Es) sebanyak tujuh kutipan. Hasil penelitian dalam novel psikologis dalam novel ini diharapkan dapat bermanfaat dalam kehidupan, dan pendidikan serta memperdalam teori yang berkaitan dengan Psikologis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa novel psikologis dalam novel dapat dijadikan acuan untuk kehidupan di masyarakat yang mengandung tiga aspek psikologis.


Keywords


psikologis; novel; kutipan; kehidupan; pendidikan

References


Alwisol. (2019). Psikologi Kepribadian. Edisi revisi. Malang: UMM Press.

Abdillah, Riri. (2020). Menantimu Diujung Rindu: Mengapa Allah Memilihkan Dia Untukku. Partikel. books.

Endraswara, Suwardi. (2008). Metode Penelitian Psikologi Sastra. Yogyakarta: PT.Buku Kita.

Endraswara, Suwardi. (2011). Metode Pembelajaran Drama: Apresiasi, Ekspresi dan pengkajian. Yogyakarta: KAPS.

Kosasih. (2012). Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Nurgiyantoro, Burhan. (2013). Teori Pengkaji Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ratna, Nyoman Kutha. (2015). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahman, A. A., Waluyo, H. J., & Suyitno, S. (2016). Analisis Psikologis Tokoh Dan Nilai Pendidikan Karakter Pada Novel Amba Karya Laksmi Pamuntjak Serta Relevansinya Dalam Pembelajaran Sastra Di Perguruan Tinggi. Jurnal S2 Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(1).

Sanjaya, M. D., Sanjaya, M. R., & Mustika, D. (2021). Analisis Nilai Moral dalam Kumpulan Cerpen Keluarga Ku Tak Semurah Rupiah Karya R Ayi Hendrawan Supriadi dan Relevansinya terhadap Pembelajaran Sastra di SMA. Jurnal Bindo Sastra, 5(1), 19-24.

Sanjaya, M. D. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Hanter Karya Syifauzzahra dan Relevansinya sebagai Pembelajaran Sastra di SMA. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 5(2), 475-496.

Sanjaya, M. D., & Sanjaya, M. R. (2022). Pelatihan Penulisan Naskah Drama Untuk Semester IV Pada Program Studi PBSI Universitas Baturaja. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 5(2), 173-177.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v7i1.4703

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.