PENGARUH TEKNIK PREP DALAM MEMAHAMI TEKS EKSPLANASI DI SMPN 1 KANDIS

Alia Alia, Tuti Alawiyah Amilullah

Abstract


Penelitian ini betujuan untuk dan mendeskripsikan pengaruh teknik PREP dalam memahami Teks Eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kandis Kecamatan Kandis Kabupaten Ogan Ilir. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data tes yang digunakan adalah tes objektif sebanyak 30 soal dengan alternatif a, b, c, d. Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan uji-t dengan menggunakan SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil dalam memahami teks eksplanasi antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rerata tes awal kelas eksperimen 41.25 dan tes akhir 73.36. Nilai rerata tes awal kelas kontrol 48,61 dan tes akhir 60,52. Hasil analisis data menunjukan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, yakni 73.36>60.52, menunjukan t hitung 4.178 lebih tinggi dari t tabel (0.685) dengan derajat keabsahan 23 (df 23) pada taraf signifikasi probability dibawah 0,05 atau 0,000<0,05. Ini berarti Ho ditolak, dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan siswa dalam memahami teks eksplanasi siswa yang di ajar menggunakan Teknik Prep dengan siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran saintifik. 


Keywords


teknik PREP; membaca teks eksplanasi

References


Arikunto, Suharsimi. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakti (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Rieneka Cipta.

B. Uno, Hamzah. (2009). Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Kosasih, E. (2017). Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemdikbud.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Bahasa Indonesia: Buku Siswa Untuk Kelas VIII SMP. Jakarta: PT. Temprina Media Medika.

Romadhon, Anggiatama Arif. (2016). Penerapan Metode Prep Technique untuk Keterampilan Bahasa Jerman Tema Alltagseleben Kelas XII IPA2 SMAN12 Surabaya. Laterne 5(3).

Sujana. (2001). Teknik Pembelajaran untuk Meningkatkan Menulis. http://pustaka.ut.ac.id/learning/2008

Somadoyo, Samsu. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alpabeta.

Tarigan, Hendry, Guntur. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Tampubolon. (2008). Kemampuan Memahami Teknik Membaca Efektif Dan Efisien. Memahami Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa.

Zuchdi, Darmiyati. (2008). Strategi Meningkatkan Kemanpuan Membaca Pentingnya Komprehensif. Yogyakarta: UNY Pers.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v7i1.5151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.