KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL SHAF KARYA IMA MADANI: TEORI KEBUTUHAN MASLOW

Ilham Darmawan, Abd Aziz Wahab, Ahmad Ilzamul Hikam

Abstract


Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui konflik batin yang dirasakan oleh tokoh utama dalam novel Shaf karya Madani yaitu Shafira dengan cara menganalisis dan mendeskripsikan data yang ditemukan. Tujuan penelitian ini meliputi tujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk konflik batin tokoh utama yaitu Shafira dalam novel Shaf karya Madani, dan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan konflik batin tokoh Shafira dalam novel Shaf karya Madani. Penelitian ini menggunakan teori kebutuhan Maslow, penelitian ini berjenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian yang digunakan ialah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik baca dan teknik catat. Data yang ditemukan kemudian dideskripsikan. Hasil penelitian tentang konflik batin tokoh utama meliputi bentuk-bentuk konflik batin dan faktor-faktor yang menyebabkan konflik batin tokoh utama. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian ini terdapat tujuh bentuk konflik batin yang dirasakan oleh Shafira yaitu kecemasan, stres, trauma, kekesalan, frustasi, kebingungan, dan kekecewaan. Faktor-faktor yang menyebabkan konflik meliputi ketidakterpenuhinya kebutuhan fisiologis, kebutuhan atas rasa aman, kebutuhan atas penerimaan, kebutuhan atas penghargaan, dan kebutuhan akan aktualiasi diri.


Keywords


konflik batin; novel; teori kebutuhan

References


Ahmadi, A. (2015). Psikologi Sastra. Surabaya: Unesa University Press.

Aria, M. E., Hetilaniar, H., & Murniviyanti, L. (2022). Analisis Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Segitiga Karya Sapardi Djoko Damono. Jurnal Pendidikan Guru, 4(1), 83–92.

Dewi, MC., & Hidajati, E. (2019). Konflik batin tokoh utama dalam novel Nyonya Jetset karya Alberthiene Endah. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra, 4(1), 422-428.

Hamdiah, M., & Utomo, M.W. (2020). Kepribadian Tokoh Ayah dan Anak dalam Novel Ayah dan Sebelas Patriot Karya Andrea Hirata: Kajian Psikologi Carl Gustav Jung. Junral Pusaka, 8(1), 54-66.

Hapsari, A. (2022). Trauma Psikologis: Gejala, Penyebab, Pengobatan. Diambil 24 Januari 2023, dari Hellosehat website: https://hellosehat.com/mental/gangguan-kecemasan/trauma/.

Hayati, N. (2021). Konflik Batin Tokoh Utama Film Semoga Ibu Dicintai Tuhan Sutradara Jose Poernomo: Analisis Psikologi Sastra. Jurnal Ilmiah Pendidikan Mahasiswa [JIMEDU], 1 (1).

Irwanto, & Gunawan, F. Y. (2021). Sejarah Psikologi: Perkembangan Perspektif Teoritis (Cetakan kedua). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Juidah, I., Nofrahadi, N., & Sultoni, A. (2021). Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Lelaki Harimau Karya Eka Kurniawan: Tinjauan Psikoanalisis Sigmund Freud. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 88–94.

Madani, I. (2021). Shaf. Jakarta: Galaxy Media.

Morina, L., Nasution, W., & Kustina, R. (2022). Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel “Pulang Pergi” Karya Tere Liye Kajian Psikologi Sastra. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 3(2).

Muhlason, M. (2021). Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Kata Karya Rintik Sedu. Jurnal Pedagogi Simki, 4(1), 179-187.

Purdianto, A., Sudiatmi, T., & Sukarno, S. (2019). Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Hijrah Itu Cinta Karya Abay Adhitya (Kajian Psikologi Sastra). Klitika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1).

Sidiq, U., & Choiri, Moh. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya.

Siswantoro. (2005). Metode Penelitian Sastra: Analisis Psikologis. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Suciana, N., Mashyur, & Sumarna, L. (2020). Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Hotel Miramar Karya “Najib Mahfudz” Kajian Psikologi Sastra. Kitabina : Jurnal Bahasa & Sastra, 1(1).




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v7i1.5658

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.