BAHASA PENGANTAR DALAM PENDIDIKAN SERTA FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA STUDI KOMPARATIF: SISWA DI KABUPATEN OKU

Muhammad Rama Sanjaya

Abstract


Penulisan makalah ini bertujuan memberikan pemahaman tentang penggunaan bahas pengantar dalam
dunia pendidikan. Metode yang digunakan adalah metode tinjauan pustaka. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik dokumentasi yang bersumber dari beberapa data referensi, seperti buku, jurnal dan
internet. Pada analisis data digunakan beberapa langkah, diantaranya reduksi data, seleksi data, sintesis,
interpretasi dan kesimpulan. Hasil yang diperoleh, yaitu penggunaan bahasa asing dan daerah dalam
dunia pendidikan dapat disikapi dengan mengubah karakter bangsa melalui bahasa Indonesia,
menggunakan bahasa asing dan bahasa Indonesia secara proporsional, menggunakan bahasa Indonesia
pada forum-forum resmi, meningkatkan pemakaian bahasa Indonesia secara baik dan benar, menjaga
karakteristik bangsa Indonesia melalui bahasa Indonesia

Keywords


bahasa pengantar; bahasa asing; bahasa daerah; disikapi

Full Text:

PDF

References


Budiningsih, C. Asri. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmadi, Hamid. (2010). Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Darmadi, Hamid. (2010). Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Sardiman. (2003). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2013). Belajar dan FaktorFaktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Suryosubroto. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v1i1.665

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Bindo Sastra

The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.

Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia

Email : bindosastra@gmail.com

Indexed by : 

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.