KESALAHAN MORFOLOGI DALAM KARANGAN BEBAS SISWA KELAS XII SMK TRISAKTI BATURAJA
Abstract
bebas siswa Kelas XII SMK Trisakti Baturaja, (2) mendeskripsikan kesalahan pengulangan kata dalam
karangan bebas siswa Kelas XII SMK Trisakti Baturaja, dan (3) mendeskripsikan kesalahan
pemajemukan kata dalam karangan bebas siswa Kelas XII SMK Trisakti Baturaja. populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XII SMK Trisakti Baturaja yang berjumlah 48 orang dengan
sampel penelitian berjumlah 26 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes menulis karangan dan teknik analisis data
menggunakan teknik nonstatistik (teknik kualitatif). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa hasil
identifikasi dan analisis kesalahan pengimbuhan terdapat 7 orang (43,75), kesalahan pengulangan terdapat
6 orang (37,5%), dan kesalahan pemajemukan hanya terdapat 1 orang (6,25%) dari 16 orang siswa yang
hadir pada saat tes dilakukan.Temuan lain peneliti dari hasil pengamatan kesalahan morfologis dalam
karangan siswa adalah kesalahan seputar penulisan preposisi dan partikel. Berdasarkan hasil dan
pembahasan dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa kelas XII SMK dalam mengolah kata yang
meliputi pengimbuhan, pengulangan, dan pemajemukan sudah baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, E. Zaenal dan Junaiyah. (2007). Morfologi Bentuk, Makna, dan Fungsi. Jakarta: Grasindo.
Chaer, Abdul. (2008). Morfologis Bahasa Indonesia: Pendekatan Proses. Yogyakarta: CV Karyono.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Kosasih, E. (2002). Kompetensi Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Bandung: Yrama Widya.
Kosasih, E. (2007). Fokus Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Kridalaksana, Harimurti. (2009). Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kristanto, Purnawan. (2015). “Bahasa Jurnalistik.â€(online).(http://www.com). Diakses 5 April 2016.
Muslich, Masnur. (2008). Tata Bentuk Bahasa Indonesia Kajian ke arah Tata Bahasa Deskriptif. Jakarta: Bumi Aksara.
Ramlan. (2001). Morfologi: Suatu Tinjauan Deskriptif. Yogyakarta: CV Karyono.
Riyanto, Yatim. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC.
Sudijono, Anas. (2009). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Sunarno S. (2007). “Jenis Karangan.†http://wordpress.com. Diakses. 6 April 2016.
Tarigan, Djago. (2009). Membina Keterampilan Menulis Paragraf
dan Pengembangannya. Bandung: Angkasa.
Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan, Henry Guntur dan Djago Tarigan. (2000). Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Usman, Husaini dan Purnomo Setiady Akbar. (2008). Metodologi
Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.32502/jbs.v1i1.666
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Bindo Sastra
The Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Palembang.
Jl. Jenderal A. Yani 13 Ulu, Seberang Ulu II, Palembang (30263), Indonesia
Email : bindosastra@gmail.com
Indexed by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.